Banjir, Tanah Longsor dan Jalan Amblas Landa 4 Kabupaten Di Bengkulu.
Sumber :
  • Tim Tvone/Miko

Banjir, Tanah Longsor dan Jalan Amblas Landa 4 Kabupaten Di Bengkulu

Selasa, 30 Agustus 2022 - 13:21 WIB

Bengkulu - Cuaca ekstrem, hujan lebat disertai angin kencang landa Bengkulu sejak sore Senin (29/8/2022) akibatnya ada 4 kabupaten di Bengkulu terdampak banjir dan tanah longsor, bahkan mengakibatkan satu ruas jalan di Kabupaten Seluma amblas sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Disampaikan Sektretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Kristian Hermansyah, cuaca ekstrem yang terjadi ini hampir menyeluruh terjadi di provinsi Bengkulu, mengakibatkan luapan air sungai bahkan membuat kontur permukaan tanah labil sehingga terjadinya tanah longsor.

"Dari data infografis sementara BPBD Provinsi Bengkulu 4 kabupaten terdampak banjir 3 diantaranya juga terjadi tanah longsor. Selain itu data sementara juga terdapat dua jembatan mengalami kerusakan,” kata Kristian, Selasa (30/08/2022).

Ia juga menambahkan, 4 kabupaten ini meliputi, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur, dan terparah di kabupaten Bengkulu Tengah setidaknya ada 6 kecamatan terdampak banjir disertai tanah longsor.

"Kabupaten Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Tengah dan kabupaten Kaur, masing masing terdampak banjir disertai tanah longsor,” lanjut Kristian.

Sementara itu banjir juga menggenangi jalur lintas Bengkulu-Sumsel tepatnya di Kabupaten Bengkulu Tengah. Belum ada keterangan resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu. Sekretaris BPBD Provinsi Bengkulu Khristian Hermansyah menjelaskan pihaknya masih fokus pada evakuasi dan pendataan.

"Saat ini masih fokus pada evakuasi dan pendataan. Nanti perkembangan akan diberitahukan," pungkasnya Khristian. (Rgo/Lno) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral