Edy Rahmayadi Usai Melakukan Rapat Koordinasi Penanggulangan Gagal Ginjal Akut Progresif Pada Anak, Senin (24/10/2022).
Sumber :
  • Tim Tvone/Ahmidal

Kasus Gangguan Ginjal Akut di Sumut Bertambah, Edy Rahmayadi Gratiskan Pengobatan dan Siapkan Rumah Sakit Evakuasi

Selasa, 25 Oktober 2022 - 12:33 WIB

Medan, Sumatera Utara - Sebanyak 14 anak di Provinsi Sumatera Utara mengalami gangguan gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak (GgGAPA). 8 anak meninggal dunia, dua anak dinyatakan sembuh, sedangkan empat lainnya masih dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan.

Hal tersebut dipaparkan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi usai melakukan Rapat Koordinasi Penanggulangan Gagal Ginjal Akut Progresif Pada Anak di Aula Tengku Rizal Nurdin, Senin (24/10/2022).

"Saat ini di Sumut sudah 8 yang meninggal, dari 14 orang dua sudah kembali yang empat masih dirawat,” kata Edy.

Meski kasus ini belum dapat diketahui penyebabnya, Edy Rahmayadi menjelaskan, rapat kordinasi yang dilakukan merupakan langkah awal untuk mencegah dan menangani kasus gangguan ginjal akut (GGA) yang menimpa anak-anak dalam sepekan terakhir.

"Ini tadi terjadi diskusi, tetapi yang paling penting adalah kita mencari solusi dan langkah awal,” sebut Edy.

Mantan Pangkostrad ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera membawa anak-anak ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik, jika ada indikasi penyakit gangguan gagal ginjal akut pada anak.

"Keputusan saya, apabila ada tanda gejala, seluruhnya harus segera dievakuasi. Bukan diobati di daerah, tetapi ke Medan, ke RS rujukan yaitu Rumah Sakit Adam Malik,” jelas Gubernur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral