Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) Bawaslu Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar. Sumber: ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto.
Sumber :
  • ANTARA

Bawaslu Sleman Temukan Banyak Pemilih Pemula yang Belum Memiliki KTP Elektronik

Senin, 1 Mei 2023 - 17:46 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Berdasarkan pencermatan daftar pemilih sementara oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ada banyak pemilih pemula di Sleman yang belum memiliki KTP elektronik atau KTP-el.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) Bawaslu Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar pada Minggu (30/4/2023).

"Kami berharap KPU Sleman dapat segera berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Sleman untuk memastikan, memfasilitasi penerbitan KTP-el bagi pemilih pemula," harapnya.


Menurutnya, fasilitas tersebut sangat penting agar pada hari pemungutan suara Pemilu 2024, seluruh pemilih pemula telah memiliki KTP-el.

"Selain banyaknya jumlah pemilih pemula yang belum memiliki KTP-el serta pemilih di lokasi khusus, pendataan di lokasi khusus juga perlu mendapat perhatian," katanya.

Ia mengatakan, terkait pendataan pemilih di lokasi khusus, saat ini telah ditetapkan sebanyak 7.315 orang pemilih di lokasi khusus dengan 34 TPS.

"Pemilih di lokasi khusus ini terdapat di 22 tempat, sebagian besar adalah perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Sleman," jelasnya.

Arjuna mengatakan, 22 perguruan tinggi tersebut di antaranya adalah UGM Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, UPN Veteran, Universitas Sanata Dharma, Universitas Atma Jaya, Universitas Kristen Immanuel, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Proklamasi 45, Universitas Respati, dan Universitas Jenderal A Yani.

Ia mengatakan bahwa  Bawaslu Sleman berharap pendataan atau penambahan jumlah pemilih di lokasi khusus juga masih dibuka dan dimungkinkan oleh KPU Sleman.

"Bila melihat data pemilih lokasi khusus yang ada saat ini, jumlahnya masih relatif kecil dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang sedang kuliah di Sleman saat ini," terangnya.

Rapat pleno penetapan DPS di Kabupaten Sleman yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sleman pada 5 April 2023 menetapkan jumlah pemilih untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Sleman ada 850.838 orang pemilih yang tersebar di 3.446 TPS.

Jumlah tersebut terdiri atas 413.026 pemilih laki-laki dan 437.812 pemilih perempuan.

Selain berisi data pemilih dari Sleman, jumlah pemilih di DPS ini juga meliputi data pemilih dari luar Sleman. (Ant/Ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
Viral