Para peneliti dan akademisi saat acara ICROM di Yogyakarta, Kamis (24/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Peneliti dari Berbagai Negara Kumpul di Yogyakarta Bahas Moderasi Beragama di Ruang Publik

Kamis, 24 Agustus 2023 - 21:01 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Para peneliti dan akademisi dari dalam dan luar negeri berkumpul di Yogyakarta. Mereka membahas soal moderasi beragam di ruang publik dalam ajang International Conference on Religious Moderation (ICROM) 2023.

Selain Indonesia, para peserta juga datang dari negara Uni Emirat Arab, Singapura, Belanda, dan Malaysia. Total ada 300 peneliti yang berpartisipasi mengirimkan naskah penelitiannya membahas berbagai fenomena keberagaman di Indonesia.

Kepala Subdirektorat Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Dedi Slamet Riyadi mengatakan ada 70 peneliti yang hadir secara langsung dan naskahnya terseleksi. 

“Para peneliti ini berdiskusi tentang harmoni dan diskusi interteks terkait moderasi beragama di Indonesia,” kata dia usai membuka acara di The Rich Jogja Hotel, Kamis (24/8/2203).

Kepala Kantor Wilayah Kemenag DI Yogyakarta Masmin Afif dalam sambutannya menjelaskan, konferensi ini adalah bukti nyata inklusivitas umat manusia dari beragam etnis dan kepercayaan. 

“Keberagaman ini harus diakui sebagai warisan yang perlu dijaga dengan baik,” ujarnya.

Masmin menyatakan, moderasi beragama bisa menjadi acuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Utamanya menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral