tangkapan layar akun YouTube DPR yang diretas.
Sumber :
  • tim tvOne - Andri Prasetiyo

Akun YouTube DPR RI Kena Hack, Roy Suryo: Memalukan

Rabu, 6 September 2023 - 13:44 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Akun YouTube DPR RI terindikasi terkena serangan hacker pada Rabu pagi (6/9/2023). Akun tersebut menampilkan tayangan live streaming judi online.

Pakar telematika Roy Suryo ikut berkomentar soal kejadian tersebut. Menurutnya, hal itu sangat memalukan.

"Tertayangnya setidaknya 4 tayangan video live, 2 video dengan thumbnail Slot Baris Canli Yayindayiz, dan 2 video dengan thumbnail Slot Fikret Canli Yayin di Akun YouTube resmi milik DPR RI ini memang hal yg sangat memalukan," katanya kepada tvOnenews.com melalui pesan singkat.

Dijelaskan Roy, seharusnya admin dari akun milik lembaga negara seperti DPR RI harus selalu cermat, utamanya dalam menjaga dan mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

Terlebih, hal tersebut terjadi selama berjam-jam dan cenderung dibiarkan. Akibatnya, kolom komentar di akun YouTube DPR RI dibanjiri komentar dari warganet.

"Memang, tidak ada sistem yg bisa dijamin aman 100%, karena selalu saja ada loop-hole dalam network, namun seharusnya kejadian tersebut cepat diantisipasi, tidak dibiarkan berjam jam, bahkan sampai jadi ledekan dan guyonan netizen dalam kolom komentarnya," ungkap mantan Menpora tersebut.

Menurut Roy, sangat mudah untuk mengetahui siapa yang melakukan akses ilegal ke akun YouTube DPR RI tersebut. Oleh karena itu, dirinya mendesak admin internal YouTube DPR RI agar segera mengusutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral