RSUP Dr. Sardjito telah menangani 112 pasien transplantasi ginjal..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Pasien Transplantasi Ginjal Meningkat, RSUP Sardjito Tangani 112 Orang

Rabu, 27 September 2023 - 19:52 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Pasien transplantasi atau cangkok ginjal yang ditangani di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito, Yogyakarta terus meningkat. Hingga saat ini total sudah ada 112 pasien yang menjalani transplantasi ginjal.

"Yang kami kerjakan dari tahun 2017 memang cukup banyak. Jadi dari tahun 2017 sampai 2023 sekarang kurang lebih sudah 78 pasien. Kalau dari pertama kali dikerjakan di RS Sardjito tahun 1991 total sudah ada 112 pasien yang sudah kita kerjakan," kata Dokter Spesialis Bedah Urologi RSUP Dr. Sardjito Tanaya Ghinorawa di sela Temu Pelanggan Eksternal, Rabu (27/9/2203).

Dirinya menyampaikan, dari jumlah 78 pasien sejak 2017, 3 di antaranya masuk kategori anak-anak. Usianya berkisar antara 8 hingga sebelum 18 tahun.

Sementara sebagian besar pasien yang menjalani cangkok ginjal dinyatakan berhasil dan akhirnya dapat beraktivitas normal. Namun ada sejumlah pasien yang mengalami penolakan jaringan karena berbagai macam faktor.

"Berbagai kondisi yang memicu munculnya antibodi memang sangat beresiko untuk terjadi penolakan jaringan pada tubuh resipien. Berbagai penyakit seperti adanya ketidakteraturan pasien untuk minum obat, kemudian infeksi, atau bahkan mungkin munculnya keganasan pada pasien yang akan memicu munculnya antibodi dan akan memicu terjadinya rejeksi pada organ ginjal yang ditanam pada tubuh resipien," terangnya.

Wakil Ketua Tim Transplantasi Ginjal RSUP Dr. Sardjito, Metalia Puspitasari menerangkan penyebab banyak orang mengalami gangguan ginjal. Mulai dari memiliki riwayat batu ginjal dalam jumlah banyak, hingga karena penyakit kista yang progresif.

"Bisa juga karena kebocoran ginjal. Jadi tanda awal biasanya didapatkan urin berbusa, badannya bengkak, kakinya, tangannya, perutnya, wajahnya ini bisa muncul dan harus segera diperiksakan," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
Viral