Yenny Wahid saat di Ponpes Qashrul Arifin, Sleman.
Sumber :
  • tim tvOne - Andri Prasetiyo

Safari ke Ponpes, Yenny Wahid Sebut Ganjar-Mahfud Punya Kedekatan dengan Kalangan Pesantren

Minggu, 10 Desember 2023 - 13:49 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Yenny Wahid menghadiri acara Silaturahmi Kebangsaan di Pondok Pesantren Qashrul Arifin di kawasan Minomartani, Ngaglik, Sleman, DIY, Sabtu 9 Desember 2023 malam. Yenny mengatakan jika pasangan Ganjar-Mahfud memiliki kedekatan dengan kalangan santri maupun pondok pesantren (ponpes).

"Mungkin itu karena melihat latar belakang keluarganya Pak Ganjar misal Bu Atiqoh itu memang dari kalangan pesantren. Kalau Pak Mahfud itu pastinya seorang santri," jelas Yenny Wahid.

Oleh karenanya ia kerap bersilaturahmi ke kalangan ponpes untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Utamanya dari para kiai maupun kalangan santri.

"Agendanya silaturahmi, mendengarkan aspirasi masyarakat terutama menyangkut apa sih yang mereka harapkan dari paslon yang kami dukung yaitu Pak Ganjar dan Pak Mahfud. Kemudian, akan kami teruskan dan di kemudian hari aspirasi itu akan kita perjuangkan di kebijakan negara," ujar wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh tersebut.

Menurutnya, ponpes di Indonesia sangat khas dan menjadi penyokong bagi masyarakat. Yenny mencontohkan,  semasa pendudukan Belanda, belum ada lembaga pendidikan formal. Namun, ponpes sudah eksis bergerak di bidang pendidikan. Pondok kala itu disebutnya menjadi tempat yang mengayomi masyarakat.

"Pondok itu fungsinya luar biasa, mulai dari tempat pendidikan, tempat sosial, tempat rohani, tempat ekonomi. Pusat-pusatnya semua itu di pondok. Fungsi pondok sangat multidimensi. Itu kemudian membuat pondok punya posisi penting di masyarakat," ungkap Yenny.

Yenny menambahkan, masih banyak ruang yang bisa ditingkatkan lagi terkait keberpihakan negara kepada kalangan ponpes. Untuk itu, dirinya kerap ke ponpes untuk mendengarkan aspirasi dari kalangan pondok pesantren.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral