Visual saat Kilat/Petir Terekam Kamera di Puncak Gunung Merapi, Selasa (11/10/2022) (foto: BPPTKG)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Kilat Petir Terekam di Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG Yogyakarta

Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:23 WIB

Yogyakarta, DIY - Aktivitas Gunung Merapi terus dipantau oleh Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi BPPKG Yogyakarta.

Bahkan baru-baru ini beredar luas kilat/petir yang tertangkap kamera di puncak Gunung Merapi. Berikut penjelasan BPPTKG Yogyakarta terkait fenomena tersebut. 

BPPTKG Yogyakarta menyampaikan bahwa kejadian kilat/petir tersebut juga terekam di stasiun seismik. Kejadian kilat/petir di puncak Gunung Merapi tersebut sempat viral di dunia maya, yang terjadi pada tanggal 11 Oktober 2022 pukul 16.34 WIB. 

Dari penjelasan resmi BPPTKG Yogyakarta, fenomena kilatan petir tersebut terekam baik di stasiun seismik maupun CCTV Gunung Merapi. Suara petir terdengar dari Pos Pengamatan Gunung Merapi dan terekam di stasiun seismik pada sekitar pukul 16.34 WIB. 

BPPTKG Yogyakarta menjelaskan bahwa fenomena petir ini tidak berdampak pada stasiun pemantauan dan tidak berkaitan dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi. 

Fenomena petir merupakan salah satu fenomena yang terjadi akibat cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Indonesia. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan akan bencana hidrometeorologi serta senantiasa mengikuti informasi cuaca @infobmkg dan aktivitas Gunung Merapi dari sumber yang terpercaya. (Nur/Dan) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral