Ilustrasi: Aktivitas pengunjung di sebuah hotel di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta..
Sumber :
  • ANTARA

Libur Tahun Baru 2023, Okupansi Hotel di Yogyakarta Hampir 100 Persen

Senin, 26 Desember 2022 - 16:45 WIB

Yogyakarta, DIY - Okupansi hotel berbintang di wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman selama libur akhir tahun mencapai  hampir 100 persen. Demikian disampaikan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Data okupansi ini berasal dari hotel bintang dua ke atas di wilayah tengah dan utara atau di Kota Yogyakarta dan di Kabupaten Sleman," kata Ketua DPD PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana di Yogyakarta, Senin (26/12/2022).

Tingkat okupansi yang tinggi tersebut akan berlangsung selama pekan terakhir Desember, terhitung mulai Senin (26/12) hingga Sabtu (31/12). Sedangkan rata-rata okupansi seluruh hotel di DIY selama libur akhir tahun berkisar di angka 85 persen.

Menurut dia, rata-rata tingkat okupansi hotel selama libur akhir tahun tersebut juga sangat menggembirakan dan di luar dugaan karena sebelumnya PHRI DIY hanya memperkirakan rata-rata okupansi di kisaran 80 persen.

"Ini patut disyukuri bersama. Bahkan tingkat okupansi yang cukup baik tersebut tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha hotel berbintang saja, tetapi juga pelaku usaha hotel non-bintang dan penginapan-penginapan kecil," katanya.

Usaha akomodasi wisata, lanjut Deddy, sudah mulai bangkit dari keterpurukan yang sempat dirasakan selam masa pandemi COVID-19 yang disertai dengan berbagai aturan pembatasan aktivitas termasuk aktivitas wisata.

"Kondisi yang sudah baik ini harus terus dijaga dan terus ditingkatkan sehingga roda perekonomian tetap berjalan," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral