Puluhan milenial Jogja menggelar Tadarus Demokrasi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Jelang Tahun Politik, Milenial Jogja Lakukan Tadarus Demokrasi

Minggu, 5 Februari 2023 - 22:55 WIB

Yogyakarta, DIY - Jelang tahun politik 2024, puluhan milenial Yogyakarta yang tergabung dalam Pegiat Pendidikan Indonesia (PUNDI) menggelar Tadarus Demokrasi.

Melalui kegiatan Tadarus Demokrasi ini, milenial berharap tahun politik bisa dilalui tanpa perpecahan bangsa dan masyarakat bisa menjaga kerukunan dalam keberagaman Indonesia.

Menurut ketua PUNDI, Haryono Kapitang, tugas generasi muda saat ini adalah membawa kembali alam pikiran para tokoh bangsa, misalnya Buya Syafi'i Ma’arif, seorang tokoh Islam yang pluralis.

"Kegiatan Tadarus Demokrasi ini berangkat dari keresahan kami sebagai generasi muda, sehingga kami mencari sosok tokoh bangsa untuk kami bumikan pemikirannya. Buya Syafi’i Ma’arif menurut kami adalah sosok yang demokratis. Secara personal maupun perilaku, Buya Syafi’i sangat demokratis dan terbuka," jelasnya.

Tadarus Demokrasi sejatinya adalah bagaimana membumikan kembali alam pikiran Buya Syafi’i Ma’arif agar generasi muda mampu menemukan jati dirinya di tengah derasnya arus informasi.

Sementara itu, salah satu pembicara, Prof Abdul Munir Mulkhan mengatakan, pemikiran Buya Syafi’i Ma’arif dianggap relevan saat kondisi bangsa membutuhkan cahaya penerang. Ia menyebutkan bahwa tantangan generasi saat ini adalah bagaimana mereka menemukan jati diri di tengah derasnya arus informasi.

"Saya pahami, pemikiran Buya Syafi’i itu tentang demokrasi nilai, tidak melihat bungkus atau simbol-simbol, namun kualitas. Tujuannya adalah kesejahteraan manusia dan kemanusiaan itu sendiri. Bagi beliau, Islam adalah Rahmatan lil alamin yang bersifat universal, solutif bagi persoalan manusia. Siapa pun orangnya, baik Islam atau buka," papar Abdul. (Nur/Ard) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral