Ilustrasi - petani rumput laut..
Sumber :
  • ANTARA

Jokowi: Kita Nomor Dua Penghasil Rumput Laut, Kenapa Ekspornya Mentahan?

Kamis, 31 Agustus 2023 - 12:43 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar komoditas rumput laut yang merupakan komoditas ekspor agar segera diterapkan kebijakan hilirisasi. Jokowi menyayangkan rumput laut diekspor masih dalam kondisi barang mentah.

"Saya lihat rumput laut juga banyak yang belum dihilirisasikan. Kita nomor dua rumput laut, tapi ekspornya mentahan. Saya cek ke mana ini ekspornya, ke Filipina, ke Thailand, kenapa tidak dibuat industri sendiri di sini," kata Presiden Jokowi saat berpidato di Rakernas HIPMI XVIII 2023 di Tangerang, Banten, yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Ia menambahkan, tepung agar-agar sebagai seni kerajinan juga bisa bisa dihilirisasi untuk menghasilkan lompatan nilai tambah bagi pelaku UKM.

Selain memberikan nilai tambah produk, kata Kepala Negara, kebijakan hilirisasi juga memberi peluang pengadaan lapangan kerja sekaligus berkontribusi pada pendapatan negara.

Ia berpesan agar seluruh bahan baku yang disediakan alam di Indonesia dikuasai sepenuhnya untuk kebutuhan pasar domestik. 

"Jangan sekali-kali kita lanjutkan mengekspor dalam bentuk biji mentahan, jangan buat seperti ini. Kuasai pasar di dalam negeri, pasar domestik harus kita kuasai," kata Jokowi.

Presiden juga menegaskan bahwa kebijakan hilirisasi bukan hanya berkaitan dengan hasil tambang, tapi juga menyentuh komoditas bahan mentah produksi usaha kecil menengah (UKM).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:22
01:41
28:24
01:29
03:20
01:09
Viral