Jalan Poros Rantepao-Pangala Ditinggalkan Kontraktor sehingga Terbengkalai.
Sumber :
  • Joni Banne Tonapa

Ditinggal Pergi Kontraktor, Proyek Jalan Poros Rantepao-Pangala' Terbengkalai dan Sisakan Puluhan Titik Longsor

Rabu, 22 Desember 2021 - 11:20 WIB

Toraja Utara, Sulsel - Proyek perbaikan Jalan Poros Rantepao-Pangala yang merupakan jalur penghubung antarprovinsi Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan dengan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, terbengkalai akibat ditinggal pergi oleh kontraktor pelaksana. Akibatnya terdapat puluhan titik longsor yang mengancam keselamatan pengendara dan rumah penduduk.

Proyek Jalan Poros Rantepao-Pangala yang menelan anggaran sebesar Rp. 58 miliar melalui Program Jalan Hibah Daerah (PJHD) yang bersumber dari Dana APBD Provinsi Sulawesi Selatan tersebut, saat ini terlihat terbengkalai, sehingga puluhan titik longsor yang hampir menutup badan jalan mengancam keselamatan pengendara.

Selain mengancam pengguna jalan, sejumlah rumah warga yang terletak di Lembang Benteng Ka’do, Kecamatan Kapalapitu saat ini terancam tertimbun longsor dari ketinggian kurang lebih 30 meter, sebab material tanah dari arah perbukitan terlihat hanya menyisakan badan jalan kurang lebih 1 meter.

Akibatnya 5 kepala keluarga terpaksa mengungsi karena kawatir material longsor menimpa rumah mereka. Smentara pengendara baik roda dua maupun roda empat yang menuju ke arah Pangala maupun sebaliknya harus sangat hati-hati dan waspada karena longsor bisa sewaktu-waktu terjadi.

Selain longsor, jalan berlumpur akibat pekerjaan yang ditinggal pergi oleh kontraktor pelaksana yakni PT Alfinndo Perkasa, membuat para anak sekolah dan warga yang melintas harus lebih hati-hati. Sebab material batu besar dan tajam saat ini masih menutup sebagian badan jalan karena dibiarkan begitu saja oleh kontarktor pelaksana.

Padahal jalan ini ramai dilalui warga karena menjadi salah satu akses strategis menuju ke sejumlah objek wisata, apalagi jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jalur Trans-Sulawesi ini ramai digunakan para pemudik untuk menuju ke kampung halaman. 

Yohanis Sapan, warga Benteng Ka’do yang rumahnya tepat berada di bawah lokasi longsor mengaku selama satu minggu terakhir terpaksa mengungsi dengan lima kepala keluarga lainnya karena kawatir longsor menimpa rumah mereka.
 
“Kami sudah satu minggu ini mengungsi karena tanah dari arah perbukitan terus mengalami longsor, sementara tidak ada lagi pekerja yang menyingkirkan material tanah longsor karena kontraktornya sudah pergi, ungkap Yohanis Sapan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral