Menko Marves Luhut Sayangkan Kasus Korupsi Timah, Berjanji Selesaikan Sistem Pengelolaan Timah Selesai Juni 2024.
Sumber :
  • Antara Foto

Menko Marves Luhut Sayangkan Kasus Korupsi Timah, Berjanji Selesaikan Sistem Pengelolaan Timah pada Juni 2024

Kamis, 4 April 2024 - 19:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku sangat menyayangkan terjadinya kasus korupsi di PT Timah Tbk yang melibatkan nama sejumlah crazy rich, dan juga artis Sandra Dewi

“Saya sangat menyayangkan kasus korupsi timah yang terjadi kali ini, mengingat kami sedang menyempurnakan SIMBARA sehingga mampu mengintegrasikan seluruh data pertambangan di Indonesia,” kata Menko Luhut sebagaimana dipantau melalui akun instagram resminya luhut.pandjaitan di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Dia mengaku, kasus korupsi timah menjadi pembelajaran bagi pemerintah. Oleh sebab itu, pemerintah akan membidik digitalisasi sistem pengelolaan timah selesai pada Juni 2024 untuk mencegah praktik korupsi.

“Kami harap dalam 2 bulan ke depan (sistem pengelolaan timah) ini harus selesai,” ujar Luhut.

Menurut dia, setelah digitalisasi pengelolaan timah selesai, akan terdapat transparansi untuk melacak asal dari timah tersebut, apakah pengelola sudah membayar pajak atau belum, bahkan bisa melacak apakah pengelola sudah membayar royalti atau belum.

“Dan itu berdampak pada penerimaan negara, karena seperti batu bara, itu konsentrasi itu hampir 40 persen penerimaan negara meningkat,” ujar Luhut.

Tidak hanya timah, Luhut juga berharap dapat segera mendigitalisasi pengelolaan nikel, sawit, dan hasil sumber daya alam lainnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral