Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.
Sumber :

2 Juta Hektare Lahan di Merauke akan Disulap jadi Ladang Tebu, Bahlil Undang Investor Lokal untuk Gabung ke Proyek: Kita Kelola Sebagian

Selasa, 30 April 2024 - 09:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kembali angkat bicara mengenai proyek percepatan swasembada gula.

Bahlil mengaku, ada sekitar dua juta hektare lahan di Merauke, Papua Selatan, yang bakal dialokasikan untuk perkebunan tebu guna merealisasikan program tersebut.

Sebelumnya, Bahlil merupakan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

"Kita mencari tanah yang agak besar. Di Merauke, Papua, tanah itu jutaan hektare, kurang lebih setelah kita identifikasi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mana kurang lebih ada sekitar dua juta hektare," ujar Bahlil di Jakarta dikutip pada Selasa (30/4/2024).

Lebih lanjut, Bahlil menyampaikan bahwa jutaan hektare lahan tersebut akan dibagi dua dengan pihak swasta. Sedangkan, sebagian yang lain akan dikelola oleh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Kita akan membuat dua, satu bagian akan dikelola oleh swasta murni karena swasta murni ini percepatannya lebih tinggi. Satunya lagi akan dikelola oleh KEK dalam hal ini BUMN. Namun ini akan di-blending antara investasi BUMN dan swasta murni," ujar Bahlil.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral