Mengelola Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19.
Sumber :
  • unsplash

4 Cara Mengelola Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

Rabu, 1 September 2021 - 17:50 WIB

Jakarta - Sudah satu setengah tahun pandemi Covid-19 melanda dunia. Perlu diakui, pandemi ini mengubah banyak hal, salah satunya adalah kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental menjadi krusial terutama di tengah angka kasus yang semakin naik dan munculnya varian-varian baru yang disinyalir lebih menular.

Banyaknya berita kehilangan dari keluarga dan teman terdekat juga menambah kecemasan dan ketakutan.

Situasi kecemasan dan ketakutan tersebut merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang umum dirasakan dalam keadaan tidak menentu seperti pandemi sekarang ini.

Selama pandemi, gangguan mental umum tersebut tidak hanya dialami oleh orang yang sudah mengalami gangguan kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi, tapi juga dirasakan oleh hampir semua rentang usia.

Bahkan lansia, anak-anak, dan petugas medis cenderung lebih rentan mengalami gangguan kecemasan dan stres psikologis.

Dikutip dari healthline.com, Patricia Thornton, PhD, seorang psikolog dari New York City berkata bahwa perilaku masyarakat yang berubah akibat wabah Covid-19 ini akan memunculkan perasaan terisolasi.

Saat ini, banyak orang yang memiliki kondisi kecemasan atau pun orang yang kondisinya baik-baik saja akan merasa cemas dengan pandemi yang terjadi. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral