Ilustrasi penelitian darah.
Sumber :
  • unsplash/National Cancer Institute

Inggris Mulai Uji Coba Tes Darah yang Bisa Deteksi 50 Jenis Kanker

Senin, 13 September 2021 - 15:03 WIB

Jakarta - Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris Senin ini memulai uji coba terbesar di dunia untuk tes darah untuk deteksi dini penyakit kanker. Tes yang dinamakan tes Galleri ini dapat mengenali 50 jenis kanker bahkan sebelum gejalanya muncul.

Tes Galleri melihat DNA dalam darah pasien untuk menentukan apakah ada yang berasal dari sel kanker. Diagnosis dini kanker dapat menyebabkan tingkat kelangsungan hidup meningkat secara dramatis.

Jenis tes darah itu merupakan tes unggulan yang dilakukan oleh perusahaan kesehatan dan bioteknologi Grail Inc.

NHS mengatakan ingin merekrut 140.000 sukarelawan di Inggris untuk melihat seberapa baik tes itu bekerja sebagai bagian dari uji coba pengendalian secara acak.

Setengah dari peserta uji coba akan segera diperiksa sampel darahnya dengan tes Galleri.

"Kami perlu mempelajari tes Galleri dengan hati-hati untuk mengetahui apakah tes tersebut dapat secara signifikan mengurangi jumlah kanker yang didiagnosis pada stadium akhir," kata Peter Sasieni, profesor ahli pencegahan kanker di King's College London.

Ketika tumor dan kanker dideteksi saat baru tumbuh, penderita cenderung memiliki lebih banyak opsi untuk pengobatan. Pengobatan kanker pada tahap awal disebut meningkatkan potensi bertahan hidup 5 hingga 10 kali lebih baik ketimbang saat stadium 4.

"Tes ini bisa menjadi terobosan penting untuk deteksi dini kanker dan kami senang bisa memimpin penelitian penting ini," sebutnya. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral