7 Olahraga yang Cocok Bagi Ibu Hamil, Bantu Permudah Proses Persalinan.
Sumber :
  • Freepik

7 Olahraga yang Cocok Bagi Ibu Hamil, Bantu Permudah Proses Persalinan

Rabu, 15 September 2021 - 14:20 WIB

Jakarta - Saat hamil, mungkin sebagian dari Anda akan merasa kesulitan untuk beraktivitas apalagi melakukan olahraga karena kondisi perut yang semakin besar. Namun, jangan jadikan kondisi ini sebagai alasan untuk tidak olahraga, ya.

Pasalnya, olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk mempermudah proses persalinan, lo. Selain itu, olahraga juga mampu mendatangkan sejumlah manfaat lainnya, mulai dari memperbaiki suasana hati dan kualitas tidur, membuat tubuh jadi lebih berenergi, perkembangan janin juga akan lebih sehat dan kuat. Dengan begitu, anak kita akan tumbuh dengan sehat sejak dalam kandungan.

Tentunya olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil tak boleh sembarangan, karena jika Anda melakukan olahraga yang terlalu berat tentu bisa berakibat fatal. Berkaitan dengan hal ini, berikut ini telah kami rangkum beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan bagi ibu hamil yang dilansir dari berbagai sumber. 

Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Jalan santai
Jalan santai merupakan latihan kardiovaskular terbaik untuk ibu hamil. Olahraga yang cukup mudah dilakukan ini sangat baik bagi ibu hamil karena dapat mendorong terjadinya kontraksi secara alami dan membantu bayi berada dalam posisi yang ideal untuk lahir.

Berjalan kaki dengan tempo santai dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Namun bila Anda ingin mendapatkan kualitas udara yang lebih baik, sebaiknya lakukan di pagi hari. Selain itu, usahakan untuk menghindari lintasan jalan yang berlubang atau berbatu serta gunakan sepatu olahraga yang nyaman.

2. Berenang
Disebut-sebut sebagai salah satu olahraga yang paling aman untuk wanita hamil, berenang menggabungkan manfaat kardiovaskular dengan pembentukan otot untuk lengan dan kaki. Selain itu, berenang dapat mengurangi pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, dan kaki Anda. Berenang juga sangat baik untuk ibu hamil yang mengalami nyeri punggung bawah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral