Oregano mampu obati malaria hingga redakan kram perut.
Sumber :
  • (ANTARA/Shutterstock)

Tak Hanya Bumbu Masakan, Ini Sejumlah Manfaat Oregano

Sabtu, 1 Januari 2022 - 08:58 WIB

Jakarta - Daun oregano yang memiliki cita rasa manis dan pedas dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. Tak heran jika tanaman herbal ini sering masuk dalam menu diet Mediterania.

Dikutip Boldsky, menurut jurnal Molecules, oregano mengacu pada varietas tanaman dengan rasa dan bau yang serupa. Ada sekitar 61 spesies dan 17 genera tanaman yang termasuk dalam enam keluarga botani yang disebut oregano. Beberapa nama famili oregano antara lain Verbenaceae, Lamiaceae dan Rubiaceae.

Oregano terkenal dengan minyak atsirinya, yang merupakan esens yang berasal dari tanaman aromatik. Minyak ini dikemas dengan senyawa seperti terpene, ester dan aldehida yang memiliki manfaat terapeutik yang besar.

Ramuan oregano dan minyak atsiri oregano sangat penting dalam industri makanan, farmasi dan kosmetik. Minyak atsiri oregano memiliki campuran kompleks senyawa volatil yang bervariasi bergantung dari spesies oregano, lokasi geografisnya, hama, kondisi tanah, musim dan kondisi pertumbuhan lainnya.

Beberapa senyawa aktif utama dalam minyak oregano termasuk timol, carvacrol, beta-myrcene, camphene, caryophyllene, gamma-terpinene, linalool dan trans-sabinene hydrate. Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari oregano dan minyaknya.

1. Meredakan kram menstruasi

Oregano memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu dalam pengelolaan gangguan yang berhubungan dengan rasa sakit, termasuk kram menstruasi.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:07
03:09
04:29
01:56
01:27
Viral