Ilustrasi toxic relationship.
Sumber :
  • cairowestmag.com

Wajib Paham! Apa Itu Toxic Relationship dan 8 Ciri Pasangan Toxic

Rabu, 18 Mei 2022 - 15:01 WIB

Akhir - akhir ini kerap muncul dalam tajuk berita maupun sosial media informasi mengenai toxic relationship atau hubungan beracun. Salah satu contoh yang sering dibahas adalah hubungan Johnny Depp dengan Amber Heard yang kini menjadi topik utama berita - berita selebriti internasional.

Pada hakikatnya, membangun hubungan memerlukan usaha utamanya untuk mengakomodasi kelebihan maupun menerima dan mengkompromikan kekurangan masing - masing.

Tujuan utamanya adalah untuk membangun hubungan antar manusia yang berharga baik itu dalam konteks hubungan anak dengan orang tua, pimpinan dengan bawahan, serta dalam hubungan romantis dengan pasangan.

Artikel ini akan membahas konteks yang terakhir dimana toxic relationship atau hubungan beracun ini dapat mengubah hubungan romantis menjadi sesuatu yang berpotensi mengancam kesehatan bahkan jiwa.

Apa itu toxic relationship dan bagaimana mengenalinya

Toxic relationship adalah sebuah hubungan yang dicirikan dengan perilaku merusak baik salah satu atau kedua belah pihak dalam suatu hubungan.

Hubungan yang sehat biasanya akan meningkatkan kepercayaan diri dan mengasah hal - hal baik seperti empati, kasih sayang, dan komunikasi. Sebaliknya, toxic relationship atau hubungan beracun ini justru merusak itu semua.

Sebuah hubungan yang baik pasti memiliki aspek perhatian, rasa hormat, dan kasih sayang serta kemampuan untuk berbagi kontrol dan porsi dalam pengambilan keputusan. Di sisi lain, toxic relationship kerap dikaitkan dengan insecurity, keegoisan, dominasi, dan kontrol berlebih.

8 Jenis pasangan toxic

Jarang diketahui bahwa hubungan yang sehat pun pasti pernah masuk ke dalam fase toxic baik dari satu pihak maupun yang datang dari kedua belah pihak. Hal ini disebabkan sifat manusiawi yang tak pernah luput dari kekeliruan. Selain itu perbedaan tingkat pendidikan dan lingkungan bertumbuh juga menjadi faktor pemicu hubungan beracun.

Namun patut diketahui, yang menjadikan sebuah hubungan toxic adalah ketika adanya ketidaksesuaian nilai - nilai yang berlaku dalam hubungan dengan norma - norma baik pada umumnya.

Pasangan toxic, baik itu yang dilakukan oleh pria maupun wanita, kerap memiliki perilaku yang suka mengontrol dan memanipulasi. Namun anehnya, orang - orang toxic ini biasanya menampilkan citra yang baik ketika berada di ruang publik.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral