Ilustrasi: aktifitas fisik untuk para lansia.
Sumber :
  • Pixabay

5 Tips Bagi Lansia Untuk Tetap Tampil Bugar

Senin, 30 Mei 2022 - 19:35 WIB

Seiring bertambahnya usia, tubuh anda akan mengalami berbagai perubahan, baik itu perubahan fisik maupun mental. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memperhatikan kondisi kesehatan tubuh.

Anda yang kini berada di usia senja, akan rentan mengalami gangguan kesehatan. Untuk menurunkan risiko tersebut, sebagai lansia harus menjalankan pola hidup sehat, seperti bergerak aktif, konsumsi makanan dan minuman sehat, istirahat yang cukup, dan lain-lain.

Dilansir dari laman Halodoc, berikut beberapa tips bagi Lansia untuk bisa menjaga kebugaran.

1. Tetap aktif bergerak dan berkegiatan sosial
Aktif bergerak menjadi salah satu cara untuk menunjang kesehatan fisik dan juga mental. Tidak harus melakukan aktivitas gerak yang berat, anda bisa melakukan senam sederhana atau sekedar jalan santai di sekitar rumah. Dengan tubuh dan pikiran yang sehat, maka kualitas dan harapan hidup menjadi lebih meningkat.

Selain itu, anda juga bisa melakukan kegiatan sosial. Misalnya berkumpul dengan sesama lansia lainnya untuk melakukan olahraga, membuat kerajinan tangan, berkebun, dan lain-lain. Saat ini sudah banyak kelompok komunitas lansia yang bisa anda ikuti.

2. Diet sehat dan mengkonsumsi makanan/minuman sehat
Diet sehat bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa melakukannya dengan cara perbanyak konsumsi makanan sehat, bergizi seimbang, dan dengan takaran nutrisi yang diperlukan tubuh.

Anda juga bisa mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Sebisa mungkin mengonsumsi makanan dengan rendah lemak jenuh, ikan dengan omega-3, gandum, produk susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral