Ilustrasi cek tekanan darah.
Sumber :
  • iStockPhoto/ivanbalvan

Manfaat Bawang Putih untuk Redakan Hipertensi

Senin, 15 Agustus 2022 - 12:00 WIB

tvOnenews - Bawang putih telah menjadi obat tradisional sejak zaman dahulu. Bahan bumbu masakan ini kerap menjadi obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya adalah dipercaya dapat meredakan hipertensi.

Seperti diketahui, bawang putih mengandung berbagai senyawa penting seperti antioksidan alami, senyawa anti inflamasi, antibakteri, serta antivirus. Bawang putih juga mengandung sulfur atau belerang, dan selenium yang tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang kerap menghantui masyarakat. Namun, hipertensi bisa dicegah melalui pola makan baik, atau salah satu cara lain adalah mengkonsumsi bawang putih.

Dilansir dari laman VIVA.co.id, pakar herbal Muthoharrah, M.Si, menjelaskan bahwa bawang putih mengandung zat aktif bernama alisin. Senyawa tersebut berfungsi melebarkan pembuluh darah di seluruh tubuh sehingga bermanfaat dalam menstabilkan tekanan darah. 

"Zat alisin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah maka tensi dapat diturunkan. Untuk tensi yang tidak terlalu tinggi, masih bisa dengan bawang putih ini," ujar Muthoharrah dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Rabu 19 Januari 2022.


Pixabay/congerdesign

Sejalan dengan menjaga pembuluh darah, dokter Mute sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa bawang putih ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan begitu, secara tidak langsung bawang putih mampu menjaga kesehatan jantung.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral