Timun.
Sumber :
  • U-Report

Bukan Cuman buat Lalapan, Timun Ternyata Bermanfaat Turunkan Berat Badan, Tekanan Darah, hingga Baik untuk Ginjal

Sabtu, 3 September 2022 - 13:21 WIB

Mentimun atau yang lebih sering disebut timun merupakan jenis buah yang dekat dengan kelompok sayuran. Masyarakat Indonesia kerap menggunakan timun sebagai lalapan pendamping makan bersama sambal, kemangi, dan lain-lain.

Selain sebagai lalapan, timun juga sudah dikenal ampuh menghilangkan lingkar hitam pada mata. Namun tahukah Anda bahwa timun juga memiliki segudang manfaat lainnya, di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi hingga memperlancar kerja ginjal.

Spesialis Gizi Klinik, dr. Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK, FINEM menjelaskan bahwa timun memiliki 80-90 persen air dan serat. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Apabila mengalami perut sembelit, cobalah untuk mengonsumsi timun.

"Jika sembelit, cukupkan serat dan air di saluran cerna. Saat konstipasi perbanyak serat dan cairan, salah satunya dengan mentimun. Tetapi kalau sembelitnya sudah mengganggu kenyamanan, berhari-hari segera periksa kondisi Anda ke dokter,” ungkap dr. Marya dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, timun juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya timun memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

"Kadar kalium dalam tubuh diketahui harus dijaga normal gak boleh tinggi dan rendah, konsumsi sumber makanan kalium salah satunya mentimun," jelas dr. Marya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral