Ilustrasi Terapi Pasca Stroke.
Sumber :
  • Pixabay

Pasca Stroke, Pulihkan Motorik Pasien dengan Terapi Ini. Mudah Dipraktekan Di Rumah

Senin, 12 September 2022 - 23:40 WIB

Serangan stroke merupakan penyakit yang tidak bisa dihindarkan oleh seseorang. Jika seseorang telah mengalami stroke, pada umumnya akan mengalami kelumpuhan

Dilansir pada laman Alodokter, stroke merupakan kondisi ketika pasokan darah yang mengalir ke otak terganggu akibat dari penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.
Kondisi tersebut membuat otak pada area tertentu tidak mendapatkan suplai oksigen serta nutrisi yang menyebabkan beberapa sel otak menjadi mati.

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami stroke. Menurut laman halodoc, faktor kesehatan, gaya hidup serta beberapa faktor lainnya dapat meningkatkan risiko terserang stroke. 

Selain stroke, berbagai faktor tersebut juga dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Namun beberapa penyakit berikut juga dapat meningkatkan risiko serangan stroke, seperti Hipertensi, Diabetes, Kolesterol Tinggi, Obesitas, Penyakit Jantung, sleep apnea, serta pengalaman terkena serangan jantung sebelumnya.

Sementara untuk faktor gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko terkena stroke seperti merokok, kurang olahraga, konsumsi obat-obatan terlarang, juga kecanduan alkohol.

Setelah sembuh dari stroke menjadi saat yang penting bagi pasien. Tahap pasca stroke perlu melakukan intervensi rehabilitasi medik agar mampu secara mandiri untuk mengurus dirinya sendiri dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Menurut dr. Ibrahim Agung, Sp.KF (K), terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan sensor motorik. Latihan berikut dapat dilakukan dirumah sesering mungkin untuk melatih otot dan sensor motorik. Pertama, berjalan menggunakan tongkat medis.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral