Ilustrasi Gula.
Sumber :
  • Pixabay

Bikin Gula Darah Stabil, Inilah Pemanis yang Disarankan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis

Jumat, 16 September 2022 - 23:29 WIB

Gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Selain diabetes, gula darah tinggi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan dalam tubuh. 

Bagi pecinta makanan dan minuman manis pada umumnya mereka sulit untuk menahan konsumsi makanan yang manis. Agar gula darah menjadi lebih stabil, dr. Ida Gunawan, Ms SpGK(K), dokter Spesialis gizi klinik memberikan cara untuk mengontrol gula darah. 

“Salah satu caranya diberikan gula pengganti atau sweetener. Sweetener ini banyak sekali di pasaran. Contohnya ada yang non kalori, artinya dia memang tidak punya kalori, tapi ada yang punya kalori tapi kalorinya rendah sekali,” ujar dr. Ida dalam program Hidup Sehat, tvOne.

Pengganti gula untuk menciptakan rasa manis dapat menggunakan sweetener atau gula pengganti. Namun perlu diperhatikan beberapa jenis pemanis ada yang memiliki kalori maupun tidak. 

“Kalau yang berkalori di belakangnya ada tulisan ‘OL’, artinya gula alkohol, contohnya xylitol, mannitol, itu ada kalorinya. Meskipun kecil hanya 2 kkal per gram. Sedangkan sweetener yang tanpa kalori itu yang banyak, seperti aspartam, sucralose, kaya gitu-gitu,” lanjutnya.

Kemudian bila ingin gula darah tetap stabil usai mengkonsumsi makanan dan minuman manis, maka dokter Ida memberikan saran dengan melakukan dua cara ini.

Namun perlu di garis bawahi, cara ini hanya dapat dilakukan bagi individu yang normal dan sehat. Cara ini tidak dapat dilakukan bagi seseorang yang tengah mengidap penyakit diabetes.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
08:40
Viral