Bipolar disorder.
Sumber :
  • Freepik

Kenalan dengan Bipolar Disorder: Masalah Kesehatan Mental yang Kerap Dikira 'Kepribadian Ganda' Padahal Beda Banget!

Rabu, 12 Oktober 2022 - 22:54 WIB

Jakarta - Masalah mental bipolar disorder kerap kali dihubungkan dengan berkepribadian ganda. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Bipolar disorder atau gangguan bipolar merupakan kondisi gangguan mental yang membuat pengidapnya memiliki mood swings atau perubahan suasana hati ekstrem.

Sehingga ciri-ciri bipolar sendiri terbagi menjadi dua kelompok, yakni mood yang sangat buruk atau justru sangat baik. Mood yang sangat buruk ini menandakan penderitanya berada pada fase depresi. Sebaliknya, mood dengan kebahagiaan yang sangat ekstrem disebut fase mania.

Perubahan suasana hati pada penderita bipolar berbeda dengan badmood karena suatu alasan. Lebih kompleks dari itu, perubahan suasana hati pada penderita bipolar terjadi dengan sangat parah. Seseorang mungkin merasakan tiap fase dalam hitungan minggu atau bahkan lebih lama.
Ciri-ciri bipolar pun pada setiap penderitanya berbeda-beda. Sebagian orang bisa lebih sering mengalami episode mania, sementara lainnya lebih kerap merasakan gejala bipolar berupa depresi. Ciri-ciri bipolar pun juga tidak muncul secara berkala, namun acak tanpa sebuah aturan baku.

Ciri bipolar disorder saat dalam episode depresi

Ketika penderita bipolar disorder sedang berada di periode depresi ini biasanya gejalanya cukup parah hingga bisa membuat penderitanya kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan dalam kasus yang lebih parah, fase depresi ini sering membuat penderitanya enggan beranjak dari tempat tidur.

Berikut ini beberapa ciri-ciri bipolar disorder yang harus dipahami:

Suasana hati yang terus-terusan tertekan, seperti perasaan sedih, khawatir, hampa, atau putus asa.
Kehilangan minat atau ketertarikan pada semua atau hampir sebagian besar aktivitas, termasuk yang dulunya menjadi favorit.
Bicara sangat lambat dan banyak lupa.
Sulit berkonsentrasi.
Merasa tidak berharga, rasa bersalah yang berlebih, dan muncul perasaan minder.
Menarik diri dari lingkungan dan orang terdekat.
Perubahan pola makan.
Kehilangan tenaga dan energi secara drastis.
Tidak mampu melakukan hal-hal sederhana.
Terobsesi terhadap kematian, ingin bunuh diri, atau percobaan bunuh diri.
Ciri bipolar disorder pada fase mania

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral