Periksa payudara sejak dini untuk mencegah kanker.
Sumber :
  • Freepik

Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Payudara Ini, Jangan Lupa Rutin Periksa Raba

Kamis, 13 Oktober 2022 - 21:56 WIB

Selain harus rutin memeriksa bagian payudara untuk mendeteksi terjadinya kanker sejak dini, perempuan juga perlu tahu makanan apa saja yang memicu tumbuhnya bibit-bibit kanker.

Spesialis Bedah Onkologi Universitas Indonesia Dr. dr. Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk, M.Epid, MARS menjelaskan bahwa benjolan pada payudara kerap kali luput dari rabaan tangan ketika ukurannya masih kecil.

Dokter Sonar mencontohkan permukaan yang batasnya jelas itu serupa dengan meraba kelereng, sementara benjolan yang batasnya tidak jelas memiliki permukaan bergerigi seperti meraba rambutan.

Perempuan juga diminta untuk waspada bila ada cairan keluar dari puting serta timbul benjolan di tempat lain seperti ketiak.

"Sebetulnya (kalau teraba) berarti sudah lebih dari 1-2 cm karena tangan kita tidak sensitif untuk merasakan (benjolan) kurang dari 1 cm," ungkapnya dilansir melalui ANTARA, Kamis (13/10/2022).

"Karena tangan tidak sensitif, kalau tidak biasa baru 2 cm bisa teraba. Karena kanker payudara stadium 1 kurang dari 1 cm, kalau bisa lebih kecil dari itu (ditemukan) lebih bagus," katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk aktif mendeteksi dini kanker payudara agar bila ada gangguan bisa segera ditangani.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral