Mencuci tangan.
Sumber :
  • Freepik

Indonesia Bersiap Masuk Endemi COVID-19, Masih Perlukah Prokes Cuci Tangan?

Senin, 17 Oktober 2022 - 20:03 WIB

Di tengah semakin melandainya kasus COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah mempertimbangkan peralihan status pandemi menjadi endemi. Dengan begitu apakah lantas protokol kesehatan mencuci tangan sudah tidak perlu lagi dilakukan?

Dokter Onkologi Prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia kini tengah mengkaji berbagai persiapan untuk memasuki masa endemi.

Kendati demikian, dr Zubairi mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan hingga negeri ini dinyatakan bebas dari COVID-19.

“Salah satunya adalah dengan mencuci tangan secara rutin," ungkapnya dilansir dari ANTARA, Senin (17/10/2022).

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan Kepala Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut mengatakan rutin cuci tangan diharapkan mampu meminimalisir perkembangan dan mutasi virus yang dinamis.

"Hal ini karena perkembangan dan mutasi virus semakin beragam. Kebiasaan mencuci tangan ini harus tetap dilakukan agar dapat menyelamatkan banyak jiwa," katanya.

Di sisi lain, dr. Citra Amelinda, SpA, IBCLC, MKes., mengatakan baik orang dewasa maupun anak-anak harus menerapkan protokol kesehatan serta gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan dan mandi secara rutin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral