Ilustrasi Penggunaan Minyak Goreng.
Sumber :
  • Pixabay

Bukan Minyak Goreng yang Bikin Kolesterol Tubuh Jadi Tinggi, Inilah Penyebab dan Cara Menurunkannya

Kamis, 20 Oktober 2022 - 19:40 WIB

TvOnenews.com, Kesehatan - Menu makanan Indonesia pada umumnya menggunakan minyak goreng sebagai salah satu bahan dasar untuk memasak. 

Terdapat beberapa jenis minyak goreng yang dapat digunakan untuk memasak, seperti minyak kelapa sawit, canola, minyak kelapa, minyak zaitun, dan masih banyak lagi.

Namun banyak orang yang takut menggunakan minyak goreng, terutama yang terbuat dari kelapa sawit. Karena masih banyak anggapan bahwa minyak goreng dapat memicu risiko kolesterol tinggi.

Akibat dari kolesterol tinggi, dapat menyebabkan beberapa risiko penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Padahal, penggunaan minyak kelapa sawit untuk menggoreng tidak selamanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK mengungkapkan sebuah penelitian membuktikan bahwa lemak dalam minyak kelapa sawit tidak berkorelasi dengan kejadian peningkatan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

“Selama penggunaannya tidak berlebihan. Artinya tidak semua makanan digoreng. Tumis atau panggang yang menggunakan minyak masih aman,” ungkap dokter Juwalita Surapsari dalam program acara Hidup Sehat, tvOne. 

Dokter Juwalita menambahkan 50 persen kandungan dalam minyak kelapa sawit yaitu lemak jenuh. Lemak jenuh berjenis asam palmitat yang seharusnya menurut penelitian tidak berhubungan dengan adanya peningkatan kolesterol dalam darah. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:55
03:07
02:26
01:49
01:21
00:54
Viral