Bangunan Rumah Raden Saleh pada tahun 1875-1885..
Sumber :
  • ANTARA

'Walking Tour' di Cikini, Rekam Jejak Sejarah Kolonial di Jakarta

Senin, 27 Desember 2021 - 15:48 WIB

Jakarta - Pusat kesenian Taman Ismail Marzuki (TIM) boleh saja menjadi yang paling menonjol di Jalan Cikini Raya pada masa sekarang, tetapi sejatinya kawasan Cikini lebih dari itu. Jalan yang membentang kurang lebih 1 km di pusat kota Jakarta itu menyimpan peta sejarah yang panjang sejak zaman kolonial.

Wajah Cikini terus berkembang dekade demi dekade, bergerak dari abad ke-19 hingga abad ke-21. Ruang-ruang modern di sekitarnya bertumbuh, berbenah, dan bersolek.

Sederet potensi nilai sejarah Cikini telah dilirik Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menjadikannya nilai tambah bagi pengembangan wisata perkotaan berkonsep walking tour yang hingga akhir tahun ini tengah dimatangkan.

(Pejalan kaki melintas di trotoar jalan Cikini Raya di depan bangunan baru Taman Ismail Marzuki (TIM). Sumber: ANTARA)

Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta Hari Wibowo mengatakan peta sejarah yang ada di kawasan Cikini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Banyak yang spesial sebenarnya di sini. Ada Bakoel Koffie, beberapa tempat wisata kuliner baru di kawasan Cikini. Ada rumah bapak alm. Ahmad Soebardjo, Menteri Luar Negeri pertama, itu juga menarik, rumahnya sangat besar,” kata Hari.

Gagasan mengenai Cikini Walking Tour sendiri, kata Hari, bermula dari tumbuhnya minat masyarakat berwisata di kawasan ini. Apalagi Cikini telah ditopang dengan infrastruktur yang mumpuni.

Infrastruktur trotoar di sepanjang jalan Cikini Raya kini sudah rampung bersolek yang dikerjakan pada 2019 lalu, dilengkapi guiding block, bollard atau tiang kecil pembatas, bangku taman, halte, dan wayfinding. Dengan kelengkapan fasilitas pejalan kaki seperti itu, konsep wisata walking tour lebih memungkinkan untuk dikembangkan.
Untuk mewujudkan rencana tersebut, pihak Disparekraf turut menggandeng BUMD PT Jakarta Tourisindo atau Jakarta Experience Board (JXB), asosiasi agen wisata, hingga komunitas pemandu wisata yang telah profesional di bidangnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral