Pedagang jajanan tradisional khas Ramadhan di sekitar alun-alun Kaliwungu Kendal.
Sumber :
  • Tim tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Sumpil, Jajanan Khas Ramadhan di Kendal yang Legit dan Gurih

Minggu, 3 April 2022 - 11:33 WIB

Kendal, Jawa tengah - Namanya cukup unik, Sumpil. Berbahan sederhana tapi sangat disuka. Terutama bagi warga di Kaliwungu Kendal, Jawa Tengah.

Sumpil adalah makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus menggunakan daun bambu. Di Kaliwungu, sumpil dibuat setiap bulan Ramadhan dan bulan Maulud. Tak heran jika pada bulan puasa seperti sekarang ini, sumpil diburu warga untuk hidangan camilan.

Menurut warga setempat, sumpil merupakan makanan tradisional Kaliwungu yang sudah disantap sejak jaman dulu secara turun temurun. Secara rasa mirip-mirip dengan ketupat. Tapi sumpil tidak dibungkus dengan janur atau daun pisang. Tapi memakai daun bambu. Bentuknya juga berbeda yaitu segitiga.

"Iki kan bedanya dengan ketupat atau lontong adalah pada bungkusnya yang dari daun bambu. Jadi rasanya agak beda terutama pada aroma yang dihasilkan daun bambu. Mungkin dulu daun bambu dipakai karena praktis dan gampang didapat," kata Mashuri, warga Kaliwungu.

Sumpil hadir pada momen tertentu saja, seperti Ramadhan dan bulan Mulud saat warga Kaliwungu melaksanakan tradisi weh-wehan atau saling berbagi hidangan kepada saudara dan tetangga.

Khusus di bulan Ramadhan, penjualan sumpil dimulai pada sehari menjelang Ramadhan pada acara tradisi tukudher di halaman Masjid Besar Kaliwungu. Kemudian selama bulan Ramadhan para pedagang makanan di sekitar Kaliwungu juga menjualnya.

"Sumpil ini cara menikmatinya dengan mengudap pakai sambal dan kelapa parut. Dibuka daunnya lalu ditutulkan begitu. Enak, sekali mengudap habis beberapa, kan bentuknya juga kecil," tambah Mashuri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral