Mengenal Diet Climatarian, Pola Hidup yang Ramah Lingkungan.
Sumber :
  • unsplash

Mengenal Diet Climatarian, Pola Hidup yang Ramah Lingkungan

Kamis, 28 April 2022 - 15:10 WIB

Suhu global yang terus meningkat membuat banyak orang mencari cara untuk mengurangi carbon footprint atau jejak karbon. Jejak karbon adalah jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia pada kurun waktu tertentu.

Jejak karbon yang dihasilkan akan memberikan dampak negatif bagi kehidupan di bumi, seperti kekeringan, berkurangnya air bersih, cuaca ekstrim, dan bencana alam lainnya.

Salah satu cara mengurangi jejak karbon adalah dengan mengubah pola makan atau diet. Diet ini pun diberi nama diet climatarian. Tidak seperti kebanyakan diet yang memprioritaskan kesehatan dan jumlah kalori, diet climatarian berfokus untuk mengurangi efek perubahan iklim dan meningkatkan kesehatan planet bumi.

Diet climatarian ini dilakukan dengan cara fokus pada hasil tanaman yang dapat ditanam sendiri atau sumber tanaman yang tidak memerlukan rantai distribusi yang panjang. 

Diet ini tidak mudah diikuti oleh banyak orang. Pasalnya, diet climatarian harus melakukan perencanaan dan kesadaran utuh dalam memilah dan memilih produk makanan alami secara lokal.

Diet climatarian harus menyadari dari mana dan bagaimana makanan diproduksi diproses, dan didistribusikan. Orang-orang yang melakukan diet ini akan menghindari sumber makanan seperti berikut:

  • Memerlukan sumber daya alam dalam jumlah besar, seperti tanah atau air
  • Berkontribusi pada polusi
  • Menyebabkan pengasaman laut, yang dapat membahayakan tanaman dan hewan air
  • Memancarkan gas rumah kaca (GRK), yang menangkap radiasi dari matahari dan menyebabkan pemanasan global
  • Menggunakan kemasan yang berlebihan dan yang sulit terurai di tanah.
Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral