Bolehkah Menikahi Sepupu, dan Apa Hukumnya dalam Islam? Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam.
Sumber :
  • pixabay.com

Bolehkah Menikahi Sepupu, dan Apa Hukumnya dalam Islam? Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam

Jumat, 17 Maret 2023 - 17:30 WIB

tvOnenews.com - Berbicara soal pernikahan, hingga saat ini masih ada fenomena menikahi saudara sepupu yang banyak kita jumpai di masyarakat.

Namun bagaimana hukum menikahi sepupu atau saudara jauh dalam Islam. Tidak sedikit masyarakat yang bertanya hukum menikahi saudara sepupu dalam Islam.

Secara etimologi menikah artinya “menghimpun atau mengumpulkan”. Sedangkan, menikah secara terminologi adalah suatu ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim sebagai suami dan istri dengan tujuan untuk membina suatu rumah tangga yang bahagia berdasarkan tuntunan Allah SWT.  

Menikah dalam undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, memiliki arti ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bolehkah Menikahi Sepupu, dan Apa Hukumnya dalam Islam? Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam. Source: istockphoto.com

Menikah atau Pernikahan termasuk salah satu bentuk ibadah dalam ajaran Islam yang sangat dianjurkan untuk seluruh manusia. 

Sebagaimana apa yang telah Allah sampaikan dalam Al-Quran, yakni pernikahan merupakan wujud dari fitrah manusia yang memiliki cinta dan kasih, agar terwujud ketenteraman dalam keluarga, serta menjaga dari timbulnya hal-hal yang menjerumuskan pada kemaksiatan pergaulan bebas.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral