Menjajal Citarasa "Bebotok" Bengkulu, Hidangan di Bulan Ramadhan.
Sumber :
  • Tim Tvone/Miko

Menjajal Citarasa "Bebotok" Bengkulu, Hidangan di Bulan Ramadhan

Selasa, 21 Maret 2023 - 18:15 WIB

Bengkulu, tvOnenews.com - Bengkulu memiliki ragam masakan yang khas dengan kaya rempah, seperti bebotok. Bebotok ini berbahan dasar ikan yang sudah mengalami pembusukan, kemudian dicampur dengan bumbu kuning dan dibalut dengan daun talas.

Bumbu bebotok ini yakni, bawang merah, bawang putih, lalu kunyit, lengkuas, jahe, cabai, sereh, daun salam, daun jeruk yang semuanya dihaluskan kemudian dibalurkan pada ikan. Ikan yang dipilih pun biasanya menggunakan ikan air tawar. Kesemua bahan kemudian diaduk rata didiamkan selama satu jam, lalu ikan yang sudah tercampur bumbu ini ditaruh pada empat lembar daun talas, kemudian diikat dengan menggunakan tali.

Bahan bebotok ini biasanya, ukurannya sebesar kepal tangan orang dewasa atau satu porsi untuk sekali makan. Bahan ini dimasak bersama bumbu kuning dan santan hingga, kuah santan menyusut, dan berwarna kuning kecoklatan.

"Bumbunya cukup banyak ya, ikan biasanya kami busukkan dahulu, inilah yang menjadi ciri khas bebotok," kata Yulia, salah satu penggiat kuliner Seluma.

Hidangan dengan citarasa gurih pedas ini, biasanya menjadi santapan yang wajib ada pada setiap acara sakral di Seluma, provinsi Bengkulu, seperti acara menyambut tamu, pernikahan, syukuran dan lainnya. Pada bulan suci Ramadhan, bebotok biasanya banyak ditemui pada lapak-lapak pedagang lauk pauk serta takjil berbuka puasa.

"Bebotok ini memiliki citarasa gurih pedas, sehingga sesuai untuk disantap dengan nasi panas, apalagi pada saat bulan Ramadhan. Bebotok banyak dicari," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:08
01:52
01:57
01:49
01:58
05:09
Viral