Buah siwalan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Mereguk Segarnya Buah Siwalan, Buka Puasa pun Terasa Nyaman

Jumat, 31 Maret 2023 - 09:49 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Buah siwalan memiliki daging buah yang kenyal dan sangat segar. Rasanya seperti kombinasi antara kelapa muda dan kolang-kaling. Wajar karena pohon siwalan masih satu famili dengan pohon kelapa dan aren penghasil kolang-kaling.

Buah siwalan juga terasa adem di mulut sehingga banyak dicari saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini untuk berbuka puasa. Bisa dimakan langsung sebagai buah segar, bisa juga diolah menjadi kuliner khas seperti es campur, dan lain-lain.

Mencari buah siwalan atau disebut juga lontar saat ini gampang-gampang susah. Hanya di daerah tertentu saja pohon siwalan bisa tumbuh subur. Daerah pesisir menjadi tempat yang bagus untuk tumbuhnya pohon ini. 

Salah satunya di Kota Semarang. Daerah yang terkenal penghasil buah siwalan adalah Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan. Ribuan pohon tumbuh subur di sini secara alami sejak nenek moyang warga dulu.


Buah siwalan yang sudah dikupas. (Teguh Joko)

Warga pun sebagian masih mempertahankan pohon mereka. Bedanya, kalau dulu pohon ini tumbuh di lahan terbuka, kini lahan tersebut sudah berubah jadi pemukiman sehingga pohon siwalan kini berada di sela-sela rumah warga.

"Ya saya tahunya sejak kecil sudah ada pohon siwalan di sini. Kalau menurut cerita keluarga sih, sudah ada sejak kakek buyut. Jadi kita tinggal meneruskan dan merawat," kata Banu, penjual buah siwalan di Tlogosari Semarang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral