Ilustrasi Orang sedang Shalat.
Sumber :
  • Istockphoto

Setelah Adzan Subuh Lekas Amalkan Shalat Fajar, Keutamaannya Ternyata Sangat Dahsyat

Sabtu, 10 Juni 2023 - 04:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Shalat fajar adalah ibadah sunnah yang dilakukan usai adzan subuh berkumandang dan memiliki keutamaan yang sangat dahsyat. Shalat fajar ada yang menyebut sebagai shalat sunnah qabliyah.

Namun ada yang juga mengatakan bahwa shalat fajar berbeda dengan shalat sunnah sebelum subuh.   Buya Yahya menjelaskan memang di  kalangan ulama ada dua pendapat mengenai shalat fajar.  

“Shalat sunnah fajar kebanyakan ulama, mengatakan dan itu dikukuhkan oleh mazhab Imam Syafi’i yang disebut dua rakaat fajar itu dua rakaat sunnah qabliyah subuh,” ujar Buya Yahya sebagaimana dikutip oleh tvOnenews melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Kamis (9/6/2023).

“Sama seperti shalat dhuha, pendapat yang dikukuhkan dalam mazhab imam syafi’i, shalat isyraq adalah shalat dhuha,” tambah Buya Yahya.  


Ilustrasi Orang yang sedang Shalat (Ist)

Buya Yahya menjelaskan bahwa selain pendapat itu, ada pendapat kedua yang salah satunya dijelaskan oleh Imam Ghazali.  

“Seperti imam ghazali, ini pendapat kedua, jika anda melakukannya dibolehkan, meski lemah tapi pendapat ulama,” kata Buya Yahya.  

Menurut pendapat kedua ini, shalat dua rakaat fajar bukanlah qabliyah subuh.  

“Dua rakaat fajar bukan dua rakaat qabliyah subuh, jika anda mendengar adzan anda shalat fajar, baru sebelum shalat subuh shalat dua rakaat qabliyah subuh,” tandas Buya Yahya.  

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral