Ilustrasi - Ayat kursi.
Sumber :
  • Freepik

Rutinkan Mulai Sekarang Baca Ayat Kursi di 5 Waktu Ini, Niscaya Allah Akan Memberimu Keutamaan yang Istimewa

Rabu, 27 September 2023 - 10:40 WIB

tvOnenews.com - Bayangkan betapa indahnya apabila dalam keseharian, kita selalu dalam penjagaan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Untuk mencapai itu salah satu yang disarankan adalah melafalkan ayat kursi di waktu-waktu tertentu.

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim 6: 85 menjelaskan mengapa ayat kursi dianggap sebagai ayat yang agung karena di dalamnya terdapat pengakuan atas asma-asma utama Allah. 

Mulai dari pengakuan ilahiyah (ketuhanan), wahdaniyah (keesaan), pengakuan bahwa hanya Allah yang Maha memelihara kehidupan, Maha memberi pengetahuan, dan Maha melindungi siapapun yang dia kehendaki. 

Keutamaan ayat kursi juga diperkuat oleh sabda Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ. قَالَ فَضَرَبَ فِى صَدْرِى وَقَالَ « وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ »

Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abul Mundzir, ayat apa dari kitab Allah yang ada bersamamu yang paling agung?.” Aku menjawab, “Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum.” Lalu beliau memukul dadaku dan berkata, “Semoga engkau mudah memperoleh ilmu, wahai Abul Mundzir.” (HR. Muslim no. 810)

Lantas kapan hendaknya seorang muslim membaca ayat kursi? Berikut 5 waktu yang diutamakan:

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral