Sejumlah narapidana saat mengikuti kegiatan pembelajaran mengaji Al Quran di Lapas Kelas I Kesambi Cirebon, Jawa Barat, Jumat (22/3/2024).
Sumber :
  • ANTARA

Serunya Momen Narapidana di Cirebon Ikuti Pesantren Kilat Selama Ramadhan

Sabtu, 23 Maret 2024 - 15:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kesambi Cirebon, Jawa Barat, melaksanaan program pembinaan keagamaan selama Ramadhan 1445 Hijriah dengan melaksana pesantren kilat bagi yang beragama Islam.

Kepala Lapas Kelas I Kesambi Cirebon Yan Rusmanto di Cirebon, Jumat, menjelaskan setiap harinya terdapat 180 orang narapidana yang mengikuti program tersebut dengan kegiatan, seperti belajar mengaji Al Quran dan bimbingan ilmu keagamaan dalam pesantren kilat.

"Secara umum kegiatan selama Ramadhan ini diikuti oleh seluruh napi beragama Islam secara bergiliran,” katanya, dikutip Sabtu (23/3/2024).


(Sejumlah narapidana saat mengikuti kegiatan pembelajaran mengaji Al Quran)

Ia mengatakan sejumlah petugas dari Kantor Kementerian Agama dan beberapa pengajar dari pondok pesantren terdekat ikut dilibatkan untuk membekali narapidana dengan ilmu agama yang kuat.

Menurut Yan, para pengajar itu memberikan tausiyah keagamaan dan membimbing warga binaan yang belum fasih membaca Al Quran dengan melatih mereka agar memahami ilmu tajwid secara benar.

Selain itu, narapidana juga diberikan ruang untuk meningkatkan kegiatan ibadah selama Ramadhan dengan melaksanakan shalat dhuha dan membaca shalawat sampai waktu maghrib.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral