Salat Id.
Sumber :
  • ANTARA

Kapan Dimulai dan Berakhirnya Salat Idul Fitri?

Selasa, 9 April 2024 - 23:59 WIB

tvOnenews.com - Dilansir dari buku Fikih Ringkas Idul Fitri karya Taufiqurrahman, Lc, shalat id (Fitri maupun Adha) bisa dimulai saat bayangan matahari setinggi tombak.

Nabi dan para Khulafa'ur Rasyidin radhiyallahu 'anhum tidaklah mengerjakan shalat 'id kecuali setelah matahari setinggi tombak.

Dan tidak boleh melaksanakannya jika bayangan matahari belum setinggi tombak sebab termasuk waktu yang dilarang menunaikan shalat.

Demikian menurut pendapat Jumhur Ulama dari 4 madzhab. Hal itu didasarkan pada hadits Riwayat Abu Daud dari Yazid bin Khumair ia berkata,

خرج عبد الله بن بسر - صاحب رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم عيد فطر أو أضحى، فأنكر إبطاء الإمام، وقال: إنا كنا مع النبي صلى الله عليه وسلم قد فرغنا ساعتنا هذه، وذلك حين التسبيح

"Abdullah bin Bisr salah seorang shahabat Rasulullah berangkat bersama kaum muslimin pada hari 'Idul Fithri atau 'Idul Adh-ha. Maka beliau mengingkari keterlambatan imam. Beliau berkata: "Dulu ketika kami bersama Rasulullah, pada waktu seperti ini sudah selesai shalat."

Saat ini adalah sudah masuk waktu shalat Dhuha. Imam 'Adzim Abadi mengatakan, yang dimaksud lafadz التسبيح pada hadits itu yakni waktu saat ditunaikan shalat Dhuha bila telah berlalu waktu yang dibenci.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:25
23:20
10:14
01:42
10:39
02:06
Viral