Ustaz Abdul Somad.
Sumber :
  • YouTube

Suami Menganggur, Lantas Istri Harus Bekerja dan Menanggung Nafkah, Bagaimana Hukumnya? Ustaz Abdul Somad Tegas Bilang…

Jumat, 19 April 2024 - 15:30 WIB

tvOnenews.com - Suami memiliki kewajiban untuk menafkahi istrinya selama menikah. Hal ini sebagaimana dinyatakan pada sejumlah firman Allah dalam Al-Quran, salah satunya di surat An-Nisa ayat 34,

اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ

Artinya: "Laki-laki (suami) adalah penanggung jawab atas para perempuan (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari hartanya,”

Namun, tidak semua suami mampu memenuhi nafkah dan kebutuhan istrinya di rumah. Sehingga seorang istri harus ikut mencari nafkah agar kebutuhan di rumah tercukupi.

Seperti dalam salah satu ceramah Ustaz Abdul Somad, ada istri yang harus membiayai keluarga, lantaran suaminya pengangguran. Bagaimana pandangan Islam dalam perkara ini?

"Saya seorang istri yang menutupi kebutuhan keluarga karena nafkah yang diberikan suami kurang. Sedangkan suami malah membeli rokok, maka istri menggunakan tabungannya untuk kebutuhan keluarga. Apakah perbuatan ini disebut dengan amal baik?," kata host membacakan pertanyaan dari jamaah.

Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa agama Islam itu berisi tiga poin. Pertama disebut dengan iman yang menjelaskan aqidah, tentang Allah SWT, akhirat, azab kubur, Nabi dan Al Quran.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral