ilustrasi sedih.
Sumber :
  • iStockPhoto/prostock-studio

Sedang Bersedih? Coba Amalkan 4 Cara yang Dilakukan Rasulullah SAW dalam Mengatasi Kesedihan Berikut

Kamis, 8 September 2022 - 10:32 WIB

tvOnenews, Rasulullah SAW - Setiap manusia sejatinya tak akan luput dari yang namanya rasa sedih. Hal tersebut merupakan respon alami ketika seseorang berada dalam kondisi yang tidak diharapkan.

Kondisi tersebut umumnya yang berupa musibah, misalnya saja saat tertimpa musibah, kehilangan orang dicinta, maupun permasalahan lain dalam hidup. Bahkan, Rasulullah SAW yang hidupnya dijaga dan dilindungi Allah SWT, tak luput dari merasakan kesedihan.

Ketika sedang dilanda kesedihan maupun kegundahan, Nabi Muhammad SAW melakukan beberapa amalan untuk dapat menghilangkan atau meringankan kesedihan Beliau.

Dikutip dari buku “Ad-Daa wad Dawaa” karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, dalam Jami’ut Tirmidzi (At-Tirmidzi berkomentar hadits ini gharib atau asing) dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata:

“Jika Nabi ditimpa perkara yang membuatnya gundah, beliau menengadahkan wajahnya ke langit. Demikian pula, ketika bersungguh-sungguh dalam berdoa, beliau mengucapkan: ‘Wahai Dzat yang Maha hidup lagi selalu mengurus semua makhluk’.”

Sebagaimana Allah SWT dalam Surat Al Baqarah ayat 155:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar” (Q.S. Al-Baqarah: 155)

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
03:03
02:36
08:00
Viral