Ilustrasi Salat Subuh.
Sumber :
  • Istimewa/pixabay.com

Simak Beberapa Keutamaan Salat Subuh Berjemaah di Masjid, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Jumat, 9 September 2022 - 09:39 WIB

Sumatera - Menunaikan salat subuh memang berat untuk dikerjakan. Hal itu dikarenakan masih banyak orang yang tertidur. Padahal, banyak keutamaan salat subuh berjemaah di masjid bagi umat muslim. Bahkan, para ulama menyarankan umat Islam untuk melaksanakan salat subuh berjemaah di masjid karena hukumnya wajib untuk menunaikan salat subuh. 

Anas bin Malik meriwayatkan dari Rasulullah, Barang siapa yang salat subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas salat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, Rasulullah bersabda, yang sempurna, sempurna, sempurna. (HR. Tirmidzi). 

Sementara, menurut Ustaz Abdul Somad menyampaikan, bagi umat Islam yang menunaikan dua rakaat salat subuh, lebih baik dari dunia dan seisinya. Bahkan dia juga jelaskan Rasulullah saw bersabda, barang siapa yang melakukan salat isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat setengah malam. Barang siapa yang melakukan salat subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat malam sepanjang waktu. (HR. Muslim).

Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga katakan, banyak keutamaan salat subuh dan sengat berlimpah ruah. Bahkan ia sebutkan, apabila salat subuh seperti salat jumat, di situ lah akan merdeka Palestina dan di situ lah orang-orang yang ingin menghancurkan agama Islam gentar. 

"Berikan berkah pada umat ini pada paginya, itu doa nabi saw. Tetapi kalau paginya tidur, maka tidak dapat berkah pagi dari Allah SWT," tuturnya.

Kemudian dijelaskannya, tidak ada mazhab yang mengatakan salat subuh sunah, karena menurutnya semua mazhab menyebutkan bahwa salat subuh itu hukumnya wajib. Namun teknis dalam melaksanakan salat subuhnya saja yang berbeda. akan tetapi hal teknis itu hanya perkara sunah, tetapi menjalankan salat subuh wajib hukumnya. 

Selanjutnya, berikut beberapa hadits yang mengungkapkan keutaman salat subuh. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral