Pengendara sepeda motor melintas saat banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022)..
Sumber :
  • Istimewa/Antara

Hujan Deras Sore Ini, Beberapa Ruas Jalan di DKI Jakarta Banjir, Ini Doa Penangkalnya 

Kamis, 6 Oktober 2022 - 18:06 WIB

Jakarta - Sore ini terjadi hujan deras di DKI Jakarta, dan mengakibatkan beberapa ruas jalan dilanda banjir. Di antaranya ada tujuh (7) ruas jalan tergenang air dan 5 RT yang mengalami dampak banjir. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji kepada awak media. Dia juga menyebutkan bahwa BPBD DKI Jakarta mencatat saat ini terdapat 7 ruas jalan tergenang air, dan 5 RT atau hanya 0,015 persen dari 30.470 RT yang ada di Wilayah DKI Jakarta.

Bahkan, ia memprediksi genangan tersebut akan surut secepatnya. Sementara, berdasarkan informasi yang dilansir tim tvonenews.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), untuk periode 2-8 Oktober 2022, telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta. 

“BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan yang terjadi. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112,” pungkas Isnawa.

Memang dalam situasi saat seperti ini, sebagian orang khawatir pada bencana banjir karena debit air yang begitu tinggi dapat melumpuhkan aktivitas dan menelan korban serta dapat menghanyutkan barang barang berharga. 

Namun, dalam ajaran agama Islam, diajarkan untuk berdoa dari hal apapun yang menerpa, seperti saat dilanda banjir. Ada doa sebagai penangkal atau memohon dihindarkan dari bencana banjir. Doa itu diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dikutip oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib. 

Doa yang diriwayatkan tersebut dibaca oleh Rasulullah saat khutbah Jumat berlangsung ketika seorang sahabat datang melapor bahwa hujan deras yang selama sekira enam hari berlangsung. Bahkan hujan deras itu membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan.

Berikut doa yang dibacakan Rasulullah saw ketika pada saat kejadia  itu,

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral