ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik/rembolle

Alasan Ashar Menjadi Waktu yang Mustajab untuk Memanjatkan Doa di Hari Jumat

Jumat, 7 Oktober 2022 - 12:24 WIB

tvOnenews, Religi - Hari Jumat, merupakan salah satu hari yang istimewa bagi umat muslim. Ada banyak keutamaan yang didapatkan di hari Jumat yang salah satunya adalah doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Sesungguhnya pada hari Jumat itu terdapat saat yang tidak mendapatkannya seorang hamba muslim, sedang ia berdiri sholat meminta suatu kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan memberi apa yang dimintanya." (HR. Malik, Ahmad, Muslim, Nasa'i dan Ibnu Majah).

Dilansir dari laman Sahijab, Syekh Ali Jaber dalam salah satu ceramahnya mengatakan bahwa ada satu jam di hari Jumat, ketika seseorang berdoa di satu jam itu, doanya tidak akan ditolak. 

"Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda dan haditsnya shahih, ada satu jam dalam hari Jumat itu, barang siapa yang dapat berdoa di satu jam itu akan mendapatkan keinginannya, diijabah doanya, tidak ditolak," ujarnya.

Menurut Syekh Ali, para ulama memiliki perbedaan pemahaman terhadap satu jam itu. Namun, dari kumpulan bermacam riwayat hadits, satu jam yang dimaksud itu paling kuat untuk diterima adalah satu jam yang terakhir pada sore hari di hari Jumat. 

"Kira-kira, kalau kita menghitung, kan kalau magrib jam enam, berarti mulai dari jam lima, atau setelah Ashar. Sedangkan lamanya berdoa, tidak mesti satu jam, kita berdoa ya bisa 10 menit, bisa 15 menit. Tapi intinya, satu jam terakhir sebelum sholat Magrib," tuturnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral