Sebelum Khabib, Ini Deretan Muslim Inggris Tolak Alkohol.
Sumber :
  • Istimewa

Sebelum Khabib, Ini Deretan Muslim Inggris Tolak Alkohol

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 21:04 WIB

Jakarta - Sir Alex Ferguson lupa saat menawarkan bir kepada Khabib Nurmagomedov tatkala hadir menonton pertandingan Manchester United. Sang pelatih legendaris MU tidak menyadari bahwa Khabib ialah seorang Muslim yang taat menjalankan larangan minum alkohol.

Padahal selain fighter asal Rusia juga, 'anak asuh kesayangan' Sir Alex, Cristiano Ronaldo memiliki memori traumatis dengan alkohol. Pada masa remajanya, Cristiano kehilangan ayahnya yang meninggal dunia akibat efek mabuk-mabukan dengan minuman alkohol.

MU juga sudah merekrut beberapa pemain Muslim yang patuh pada ajaran agama yang mengharamkan minuman memabukkan. Marouane Fellaini dan Adnan Januzaj ialah dua mantan pemain United asal Belgia yang merupakan penganut agama Islam taat.

Musim 2021-2022, tim Old Trafford juga memiliki dua awak bergama Islam, yakni gelandang Paul Pogba dan Amad Dialo. Paul Pogba bahkan terkenal dengan aksinya kala menyingkirkan botol bir dari panggung saat temu wartawan semasa EURO 2020. Aksi Pogba mengikuti contoh lain dari rekan Muslim, yakni Yaya Toure, yang tidak ragu menolak hadiah Pemain Terbaik di Inggris.

Sebagai tradisi Liga Inggris, sampanye atau minuman alkohol menjadi pelengkap acara penghargaan Pemain Terbaik Bulanan.

Menolak botol sampanye, Yaya Toure pun berani menampik pemberian gelar Pemain Terbaik jika panitia mempertahankan tradisi. Lantaran penolakan Yaya Toure pada 2013, Liga Inggris mengubah aturan hingga tak ada lagi selebrasi acara dengan sampanye.

Liga Inggris mempersilakan pemain Muslim untuk memilih atau menolak botol alkohol saat menerima hadiah Pemain Terbaik. (Raw/Fhm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral