Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

TERUNGKAP! Ini Alasan Polisi Hentikan Acara KAMI di Surabaya | tvOne

Senin, 28 September 2020
Oleh :

Surabaya,- Salah satu deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Jenderal purnawirawan Gatot Nurmantyo mengaku menerima dengan lapang dada perintah pembubaran acara silaturahmi KAMI di Surabaya. Polisi membubarka acara tersebut karena tidak memiliki ijin dan tidak mengindahkan protokol kesehatan covid-19.

“Kita mengikuti apa yang diminta oleh aparat kepolisian. Kita sudah selesai semuanya,” kata Jenderal Purnawirawan Gatot Noermantyo, Senin 28 September 2020.

Rencananya, acara silaturahmi digelar sebagai forum temu dialog dengan sejumlah tokoh masyarakat Surabaya. Acara ini awalnya akan digelar di gedung juang 45, di jalan Mayjend Sungkono.

“Kami akan bertemu dengan tokoh masyarakat di gedung juang, tapi dilarang dibubarkan, ya sudah kita ikut saja sebagai warga negara,” lanjut Gatot.

Saat acara akan berlangsung di Gedung Juang, sejumlah massa dari berbagai elemen menghadang dan menutup pintu masuk gedung tersebut. Massa protes acara itu dan meminta para anggota KAMI untuk meninggalkan gedung. Massa beralasan acara yang digelar KAMI tidak memiliki ijin kegiatan.

Untuk menghindari terjadinya gesekan, polisi memisahkan peserta saliturahmi KAMI tersebut dari kerumunan massa.Menurut Kapolsek Sawahan AKP Wisnu, kegiatan yang digelar oleh KAMI ini belum memiliki ijin, belum melakukan assessment mengenai penerapan protokol kesehatan pengumpulan masa saat pandemic.

Alasan Penghentian Kegiatan

Setelah mendapat penolakan, KAMI kemudian memindahkan acara silaturahmi ke tempat lain, yakni ke Gedung Jabal Nur, di Jalan Jambangan, Surabaya. Di lokasi ini, Gatot sempat menyampaikan orasi politik, sebelum akhirnya dihentikan pihak kepolisian.

“Itu bukan pembubaran, kita menghentikan kegiatan tersebut mengacu pada situasi pandemi, keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi,” kata Kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol TrunoyudoWisnu Andiko

Kombes pol Trunoyudo menambahkan, mengacu pada PP nomor 60 tahun 2017, keramaian atau kegiatan politik harus mengajukan perijinan minimal 14 hari sebelum kegiatan berlangsung.

“Kegiatan itu dimintakan ijin pada tanggal 26 september lalu, padahal sesuai aturan perijinan harus diajaukan 14 hari sebelumnya,” papar Trunoyudo.

Selain itu, polisi juga memandang ada resistensi dari masyarakat atas kegiatan tersebut, terutama mengingat pertimbangan protokol kesehatan. “Awalnya di Gedung Juang kemudian pindah ke gedung Jabal Nur. Di tenpat pertama ada resistensi, di tempat kedua juga ada resistensi yang sama,” lanjutnya.

Selama pandemic covid-19, Trunoyudo juga menjelaskan bahwa ijin kegiatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak gugut tugas pencegahan covid-19. “Seharusnya ada asassement terlebih dahulu, dari gugus tugas, pertama kelayakannya dan protokol kesehatannya, tempatnya, protokol kesehatannya,” kata dia.

Diketahui, Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI resmi dideklarasikan di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, 18 agustus lalu.

KAMI menjelaskan jati diri mereka sebagai gerakan moral rakyat berbagai elemen dan komponen yang berjuang demi tegaknya kedaulatan negara, terciptanya kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

KAMI berjuang dan bergerak untuk melakukan pengawasan sosial, kritik, koreksi, dan meluruskan kiblat bangsa dari segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan. KAMI juga klaim berjuang dengan melakukan berbagai cara sesuai konstitusi, baik melalui edukasi, advokasi, maupun cara pengawasan sosial, politik moral, dan aksi-aksi dialogis, persuasif, dan efektif.

KAMI dipimpin oleh tiga Presidium di antaranya mantan Panglima TNI Jenderal TNI Purn Gatot Nurmantyo, Mantan Ketua Umum PP Muhamadiyah Din Syamsuddin, serta mantan ketua PWNU Yogyakarta Rochmat Wahab. (ito)

(Lihat Juga: Tower delapan wisma atlet pademangan mulai beroperasi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
19:30

Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang & Erina

Kaesang Pangarep akan melaksanakan pernikahannya dengan Erina Gudono pada (10/12/2022). Berikut rangakain lengkap pernikahan Kaesang dan Erina.
img_title
01:51

Sambo Mengklaim Tidak Ikut Tembak Yosua

Terdakwa kasus dugaan pembunuhan Brigadir J yaitu Ferdy Sambo mengklaim dirinya tidak ikut menembak Brigadir J.
img_title
04:45

Polisi Berjaga di Mapolsek Astana Anyar Pascabom Bunuh Diri

Pasca serangan bom bunuh diri di halaman Mapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat petugas kepolisian terus berjaga di sekitar lokasi.
img_title
05:16

Bharada E Bantah Keterangan Ferdy Sambo

Membantah keterangan Ferdy Sambo mengenai penembakan Brigadir J, Bharada E menegaskan bahwa Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir J. 
img_title
06:16

Ferdy Sambo Jadi Saksi Sidang Hendra Kurniawan CS

Ferdy Sambo dijadwalkan hadir sebagai saksi untuk terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nur Patria dalam persidangan hari ini (08/12/2022).
img_title
03:28

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Sukabumi

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,8 terjadi di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/12/2022).
img_title
07:58

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Jokowi yaitu Kaesang Pangarep mengikuti acara wilujengan menjelang pernikahan yang digelar di Pura Mangkunegaran, Solo. Jawa Tengah.
img_title
05:29

Jaksa Tunjukkan Baju Dinas dan Senjata yang Dipakai Ferdy Sambo Saat Penembakan Brigadir J

Dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir J, JPU menyerahkan sejumlah barang bukti kepada Ferdy Sambo berupa baju dinas dan senjata.
img_title
01:07

Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus TKW Ilegal di Bogor

2 orang ibu rumah tangga asal Bandung dan Bogor ditangkap Sat Reskrim Polres Bogor karena dugaan praktik perdagangan manusia ilegal.  
img_title
02:03

Polisi Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Icha yang Jasadnya Dibuang Rudolf di Kolong Tol Becakayu

Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan di Apartemen Green Pramuka.
img_title
02:00

Kapolri Jenguk Korban Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjenguk warga sipil dan anggota Polri yang menjadi korban dalam ledakan yang terjadi di Polsek Astanaanyar, Bandung.
img_title
02:01

Tersisa Bagian Atap, Abu Vulkanik Kubur Rumah Warga

Dampak dari erupsi disertai a panas guguran (APG) Gunung Semeru menimbun puluhan rumah di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.
img_title
01:42

Ismail Bolong jadi Tersangka dan Ditahan di Rutan Mabes Polri

Usai pemeriksaan hingga pukul 01.45 WIB, Rabu (7/12/2022) tadi pagi, Ismail bolong resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Mabes Polri.
img_title
03:09

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Pernah Dipenjara 4 Tahun

Aparat kepolisian sudah mengantongi identitas pelaku yang disebut terafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Barat. Agus diketahui merupakan tersangka dalam kasus bom Cicendo dan pernah ditahan selama 4 tahun di LP Nusa Kambangan.
img_title
05:13

Ferdy Sambo Cerita Curhatan Putri Candrawathi 'Brigadir J Masuk Kamar Ancam Istri Saya'

Ferdy Sambo akhirnya bersaksi secara langsung mengenai latar belakang terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Yosua Hutabarat.
img_title
06:16

Pelaku Bom Bunuh Diri Agus Sujatno Sempat Tinggal bersama Sang Kakek di Cibangkong, Bandung

Identitas terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar sudah terungkap. Dia bernama Agus Sujatno (34) yang memiliki alamat di wilayah Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.
img_title
02:52

Ledakan Bom Menewaskan 2 Orang, Wali Kota Bandung Imbau Warga

Aksi bom bunuh diri terjadi tadi pagi di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat. Selain menewaskan seorang pelaku aksi teror ini juga menewaskan satu petugas kepolisian dan melukai sejumlah aparat yang bertugas.
img_title
12:34

Hakim Tanya Alasan Ferdy Sambo Panggil Ricky Rizal dan Bharada E

Pada sidang sebelumnya, Ricky Rizal mengaku sempat diperintah oleh Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 
img_title
08:40

Suasana Sepi di Sekitar Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar

Identitas terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar sudah terungkap. Dia bernama Agus Sujatno (34) yang memiliki alamat di wilayah Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.
img_title
14:26

Kapolri Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung Terafiliasi JAD

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat terafiliasi Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 
Jangan Lewatkan
Diduga Rem Blong, Pelajar Kemudikan Minibus di Kota Malang, Tabrak Pemotor dan Mobil

Diduga Rem Blong, Pelajar Kemudikan Minibus di Kota Malang, Tabrak Pemotor dan Mobil

Diduga rem blong, minibus yang dikemudikan oleh seorang pelajar menabrak 2 kendaraan di Kota Malang. kecelakaan terjadi di Jalan Raya Rajabali, Kota Malang. 
Kasus DBD di Aceh Barat Meningkat, Petugas Lakukan Fogging ke Rumah Warga

Kasus DBD di Aceh Barat Meningkat, Petugas Lakukan Fogging ke Rumah Warga

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Aceh Barat terus meningkat, untuk mengatasi penularan penyakit tersebut, dinas kesehatan melalui Puskesmas Johan Pahlawan setempat melakukan
Pengamat Sepakat Heru Budi Kembali Gelar Pesta Tahun Baru 2023: Presiden Sendiri Enggak Memberi Contoh

Pengamat Sepakat Heru Budi Kembali Gelar Pesta Tahun Baru 2023: Presiden Sendiri Enggak Memberi Contoh

Pengamat Trubus Rahadiansyah sepakat dengan keputusan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang kembali merayakan Tahun Baru 2023 di Jakarta.
Polisi Tingkatkan Penjagaan Mako Pasca Insiden Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar

Polisi Tingkatkan Penjagaan Mako Pasca Insiden Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar

Pasca insiden bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung, jajaran polsek wilayah hukum polda sulawesi selatan tingkatkan pengamanan dalam mako
Mengejutkan! Madam Pang Ungkap Kondisi Memprihatinkan Skuad Thailand di Piala AFF 2022

Mengejutkan! Madam Pang Ungkap Kondisi Memprihatinkan Skuad Thailand di Piala AFF 2022

Manager Timnas Thailand, Nualphan Lamsam alias Madam Pang, mengakui kekuatan timnya mengalami penurunan untuk Piala AFF 2022. Gajah Perang pun bakal sulit juara
Liput Demo Pengungsi di Rudenim Tanjungpinang, Kamera Jurnalis tvOne Dirusak Pendemo

Liput Demo Pengungsi di Rudenim Tanjungpinang, Kamera Jurnalis tvOne Dirusak Pendemo

Seorang jurnalis (stringer) tvOne Tanjungpinang Chairullah mengalami kekerasan hingga mengakibatkan kameranya (handycam) rusak saat meliput aksi unjuk rasa ratusan pengungsi asal Afghanistan
Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Sulut Gelar 2 Operasi Kamtibmas

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Sulut Gelar 2 Operasi Kamtibmas

Untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang perayaan natal dan tahun baru mendatang Polda Sulawesi Utara gelar dua operasi sekaligus
Mendag Zulhas Pastikan Harga Kedelai Akan Turun Akhir Desember 2022

Mendag Zulhas Pastikan Harga Kedelai Akan Turun Akhir Desember 2022

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan memastikan harga kedelai akan turun pada akhir Desember 2022 atau selambat-lambatnya awal Januari 2023.
Ternyata Ini Alasan Umar Patek Pelaku Bom Bali Dibebaskan Bersyarat

Ternyata Ini Alasan Umar Patek Pelaku Bom Bali Dibebaskan Bersyarat

Pelaku Bom Bali I dan Bom Natal 2000 Hisyam bin Alizein alias Umar Patek resmi bebas dari Lapas Kelas I Surabaya Jawa Timur pada Rabu (7/12/2022). Umar Patek
Polda Jawa Barat Mengamankan 23 Barang Bukti Insiden Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar

Polda Jawa Barat Mengamankan 23 Barang Bukti Insiden Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar

Polda Jawa Barat telah amankan 23 barang bukti terkait aksi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung. Mulai dari serpihan bom hingga sepeda motor pelaku
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Dua Sisi
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Cover Story One
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
Selengkapnya