Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Minta Doa Restu, Komjen Listyo Datangi Mendagri Tito Karnavian | tvOne

Senin, 18 Januari 2021
Oleh :

Jakarta – Calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mendatangi mantan Kapolri yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, untuk meminta doa restu dan masukan.

“Saya sangat menghargai Pak Sigit yang datang ke para mantan kapolri selain meminta masukan tentu juga minta restu itu memang tradisi ya. Kita menghormati senior-senior—saya juga sering begitu dulu,” ungkap Tito.

Mendagri menyatakan juga memberikan masukan-masukan untuk Sigit.

“Prinsipnya Pak Sigit meminta masukan-masukan dan saya juga menyampaikan masukan. Di antaranya bagaimana untuk memperkuat soliditas internal, karena Pak Sigit sama dengan saya banyak senior di atas. Tapi kiat-kiat seperti itu saya kira cukup saya dan Pak Sigit yang tahu ya,” tambahnya.

Tidak hanya soal soliditas internal, Tito pun mengaku juga telah memberikan masukan pada Komjen Listyo Sigit soal kinerja-kinerja lainnya dalam penegakan hukum.

"Yang kedua, bagaimana memperkuat jajaran binmas (Pembinaan Masyarakat). Kemudian disampaikan juga kinerja-kinerja lain dalam penegakan hukum yang tegas, dengan kegiatan-kegiatan binmas," kata dia.

Selain masukan, Mendagri Tito juga meminta dukungan Polri kepada Komjen Listyo Sigit dalam hal kerja sama selama tahapan Pilkada, yang kini memasuki tahapan uji sengketa di Mahkamah Konsitusi (MK).

"Kemudian juga saya menyampaikan mohon dukungan juga kepada Pak Sigit, karena ini salah satu tugas dari Kemendagri menjadi ujung tombak pemerintah dalam Pilkada yang sudah kita lalui," ucap dia.

Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 lanjut Tito masih ada "ekor-nya", yakni terkait sengketa yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi.

"Ini juga harus dijaga jangan sampai terjadi konflik. Ini memerlukan kerja sama Kemendagri dan didukung oleh 'stakeholder' semuanya, termasuk Polri," ujarnya.

Kemudian, dia mengakui juga sempat membahas tentang kerja sama Kemendagri dan Polri dalam berbagai isu. Utamanya, kata Tito dalam mendukung program Pemerintah untuk vaksinasi dan penanggulangan pandemik COVID-19.

"Kita membicarakan mengenai situasi di Sulawesi Tengah, bagaimana terorisnya, kemudian situasi di Papua, bagaimana kerja sama antara Polri dengan Kemendagri, di samping itu kita berbicara juga tentang kerja sama Polri dan Kemendagri dalam rangka saling mendukung untuk membantu Bapak Presiden mengatasi masalah pandemik, vaksinasi,” tuturnya.

Berikutnya, membicarakan soal bantuan sosial (bansos) agar cepat terealisasi dan tepat sasaran, yang dikerjakan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini serta beberapa menteri lainnya, dan juga terkait pemulihan ekonomi.

Lebih lanjut, Mendagri menegaskan salah satu penekanan dari Presiden Joko Widodo yakni membangun iklim investasi yang kondusif, baik untuk calon investor dalam negeri maupun luar negeri.

Iklim tersebut kata dia perlu didukung oleh semua pihak termasuk Kemendagri, khususnya jajaran pemerintah daerah.

"Dan itu saya meminta kepada Pak Kapolri, Pak Sigit. Insya Allah tidak (ada) halangan dan untuk juga sama-sama membangun iklim itu. Jadi jangan sampai terjadi pungutan liar yang menghambat iklim investasi," ujarnya.

Sosok Calon Kapolri di Mata Tito Karnavian

Tito juga menyebut sosok Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri tunggal pengganti Jenderal Pol Idham Azis merupakan sosok yang cerdas dan tegas.

Menurutnya, selain cerdas, Sigit juga sudah sangat paham dan matang. Komjen Sigit pernah menjadi Kapolda, dan Kabareskrim, jabatan yang sangat penting di Polri.

"Beliau mempunyai pengalaman yang saya belum punya, yaitu sebagai ajudan presiden. Otomatis beliau paham tentang ini, political landscape, tentang politik yang jauh lebih baik daripada saya, dan beliau juga memiliki pribadi yang baik," tutur-nya.

Sebagai mantan orang nomor satu di tubuh Polri, Mendagri Tito mengenal Listyo Sigit sebagai sosok yang berkinerja baik selama diberi amanah untuk ditempatkan di berbagai jabatan.

“Selama saya menjadi Kapolri, ada dua jabatan strategis yang beliau sudah laksanakan, yang pertama adalah Kapolda Banten, yang kedua di Kadivpropam," ucap Mendagri.

Pada saat Kapolda Banten, lanjut Tito Komjen Sigit menjabat cukup lama, sekitar 2 tahun. Selama dipimpin Komjen Sigit situasi Banten dinilai Tito tenang, dingin dan kinerja-nya sangat baik.

"Saya kira kita semua bisa menyaksikan, di media juga kan banyak (pemberitaannya). Kemudian yang kedua, saat (menjabat sebagai) Kadivpropam, juga beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung terutama mendisiplinkan anggota, mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik," ujarnya.

Tak hanya itu, Listyo Sigit juga dikenal sebagai sosok muda yang matang, kaya akan pengalaman, memiliki kepribadian yang baik dan dinilainya siap menjadi Kapolri, ditambah dengan gaya komunikasi dan ketegasan yang melengkapi kepribadiannya.

Pribadi calon Kapolri itu kata dia santun, pribadi yang merangkul, termasuk kemampuan dalam merangkul semua pihak, senior maupun junior.

"Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, tapi juga saya tau Pak Sigit sangat tegas, sikap beliau sangat tegas sekali,” ujar Tito.

Dengan segudang pengalaman dan kekayaan karakter kepribadiannya, mantan Kapolri Tito Karnavian menyebut sosok Listyo Sigit sudah sangat siap mengemban amanah sebagai Kapolri. Ia juga mendoakan agar kelak, Listyo Sigit mampu mengemban amanah dengan baik.

"Sehingga sekali lagi saya berpandangan, Pak Sigit sangatlah tanggap dan sudah sangat siap untuk menjadi Kapolri, saya doakan semoga prosesnya lancar, dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik," ujarnya. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:52

Keterangan BPOM Soal Obat yang Dicurigai Pemicu Gagal Ginjal Akut

Badan POM memastikan bahwa obat-obatan yang sempat dihentikan sementara peredarannya tidak mengandung zat berbahaya.
img_title
02:12

Tertimpa Puing, Bocah Korban Gempa Turki Minum dari Tutup Botol

Upaya dramatis tim penyelamat berhasil menyelamatkan tiga anak dari reruntuhan bangunan di Jandari, Suriah.
img_title
02:27

PKS Ajak Golkar Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden

Pertemuan antara PKS dengan Golkar yang terjadi membuahkan hasil silaturahmi antar partai, sembari pembahasan menuju Pemilu 2024 mendatang.
img_title
02:39

Dituduh Melahirkan Anak Hasil Selingkuh, Ibu Nekat Membakar Bayi Kandung

Ibu yang membakar bayinya usai dilahirkan hingga kini masih belum bisa dimintai keterangan oleh polisi, karena masih dalam perawatan intensif di ruang bersalin.
img_title
04:47

15 Pekerja Proyek Puskesmas Disandera KKB Pimpinan Egianus Kogoya

Sebanyak 15 orang pekerja proyek Puskesmas di Kampung Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Rabu (8/2/2023) siang berhasil dievakuasi tim gabungan TNI Polri ke Timika, Papua.
img_title
08:26

Bantuan untuk Turki, Indonesia Kirim Tim Penyelamat

Gempa berkekuatan M  7,8 melanda wilayah Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) lalu telah menewaskan sedikitnya 8.700 korban.
img_title
01:20

Pria Pelaku Kejahatan Seksual Terhadap Balita Diringkus Polisi

Polisi meringkus pria pelaku kejahatan seksual di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Pelaku mengaku dalam pengaruh miras.
img_title
01:16

Pengiriman Pekerja Migran Ilegal Digagalkan Kepolisian di Batam

Pengiriman pekerja imigran ilegal digagalkan kepolisian kawasan Pelabuhan KKP Polresta Barelang, Batam. Sebanyak 10 pekerja migran akan dikirim ke Malaysia.
img_title
01:17

Cuaca Buruk, Sejumlah Nelayan Tetap Nekat untuk Melaut

Meski cuaca buruk disertai gelombang pasang setinggi 3 meter, sejumlah nelayan tradisional di Kabupaten Sikka, NTT nekat melaut. Hal itu mereka lakukan demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.
img_title
02:17

494 Ton Beras Didistribusikan untuk Penuhi Kebutuhan hingga Lebaran

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan pengecekan secara langsung untuk memastikan kondisi beras dan jumlahnya memenuhi kebutuhan masyarakat hingga lebaran mendatang.
img_title
13:40

Pakar Hukum Pidana: Eliezer Pelaku Utama Pembunuhan

Sidang kasus pembunuhan terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J akan segera memasuki babak akhir.
img_title
21:52

Kuasa Hukum Nilai Tindakan Baiquni Menyelamatkan Barang Bukti

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan perkara dugaan perintangan penyidikan atau obstruction of justice kasus tewasnya Brigadir J, Rabu (8/2/2023).
img_title
04:46

Sambo CS akan Hadapi Sidang Vonis Minggu Depan

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Ferdy Sambo CS pada pekan depan. 
img_title
10:51

Kultur Polri jadi Faktor Sulitnya Terdakwa Perintangan Penyidikan Menolak Perintah Atasan

Terkait sulitnya menolak perintah atasan (Ferdy Sambo) Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim menanggapi terkait persoalan relasi kuasa di anggota Polri.
img_title
01:21

Temuan 500 Ton Minyakita akan Diselidiki Satgas

Satuan Tugas Pangan Polri menemukan terdapat 500 ton Minyakita yang belum didistribusikan yang segera diselidiki oleh Satgas.   
img_title
05:05

Sadis! Seorang Ibu di Madiun Tega Bakar Bayinya yang Baru Lahir

Seorang ibu di Madiun, Jawa Timur tega membakar bayinya yang baru saja dilahirkan di tungku dapur rumahnya. Hal ini diduga lantaran sakit hati dengan sang suami.
img_title
01:34

104 WNI Korban Gempa Turki akan Segera Dievakuasi

Duta Besar Indonesia untuk Turki menyatakan, timnya tengah menuju lokasi gempa untuk mengevakuasi 104 warga negara Indonesia di 5 titik. 
img_title
01:30

Presiden Turki Berlakukan Tanggap Darurat Gempa Selama Tiga Bulan

Presiden Turki mengumumkan keadaan darurat selama 3 bulan di titik dampak gempa di 10 provinsi yang menewaskan hingga ribuan nyawa. 
img_title
07:05

Hari Ini akan Diadakan Kosolidasi untuk Pencarian Penumpang dan Pilot Susi Air

Pasca pembakaran pesawat Susi Air dan penyanderaan oleh KKB, tim gabungan akan melakukan pencarian penumpang dan pilot serta konsolidasi.
img_title
01:22

Soal Utang Piutang Anies, Sandiaga Uno Pilih Bungkam

Sandiaga Uno bungkam terkait permasalahan utang piutang 50 miliar rupiah dengan Anies Baswedan saat maju di Pilkada DKI 2017 lalu. 
Jangan Lewatkan
Ibu Muda Jambi Tulis Status di Facebook, Dia Ucapkan Terima Kasih kepada Suami, Keluarga, dan Berharap Hidup Bahagia

Ibu Muda Jambi Tulis Status di Facebook, Dia Ucapkan Terima Kasih kepada Suami, Keluarga, dan Berharap Hidup Bahagia

Yunita Sari ibu muda Jambi pelaku pelecehan seksual terhadap 17 anak kini berada di rumah sakit jiwa untuk menjalani observasi kejiwaan, Kamis (9/2/2023). Pada
3 Kebiasaan Aneh Ibu Muda Jambi Dibongkar Suaminya, Yunita Sari Suka Lakukan Ini Kalau Tak Puas

3 Kebiasaan Aneh Ibu Muda Jambi Dibongkar Suaminya, Yunita Sari Suka Lakukan Ini Kalau Tak Puas

AF suami dari ibu muda Jambi pelaku pelecehan seksual terhadap belasan anak membeberkan kebiasaan aneh yang kerap dilakukan istrinya, dilansir tvOnenews.com ...
BMKG Minta Warga DKI Jakarta Waspadai Cuaca Hujan dan Angin Kencang pada Kamis 9/2

BMKG Minta Warga DKI Jakarta Waspadai Cuaca Hujan dan Angin Kencang pada Kamis 9/2

BMKG meminta warga DKI Jakarta mewaspadai potensi cuaca hujan yang disertai angin kencang di sebagian wilayah kota ini pada hari Kamis (9/2/2023).
Polri Segera Lakukan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) Bripda HS Tersangka Pelaku Pembunuhan Driver Taksi Online

Polri Segera Lakukan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) Bripda HS Tersangka Pelaku Pembunuhan Driver Taksi Online

Bripda HS, oknum anggota Densus 88 Antiteror Polri yang ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan atas kasus pembunuhan sopir taksi online, Sony Rizal Taihitu.
Hendak Mencari Nafkah, 5 Warga Garut Dianiaya di Sumsel, Aksi Itu Buat Wakil Bupati Geram

Hendak Mencari Nafkah, 5 Warga Garut Dianiaya di Sumsel, Aksi Itu Buat Wakil Bupati Geram

Memilukan nasib yang menimpa 5 pria penjual jaket asal Garut, Jawa Barat. Pasalnya, saat hendak mencari nafkah dengan pergi merantau ke Muratara Sumatera Selata
Tidak Terima 'Digeber' Dua Pria Ini Lakukan Penganiayaan dan Penusukan Seorang Pemotor di Sleman Hingga Tewas

Tidak Terima 'Digeber' Dua Pria Ini Lakukan Penganiayaan dan Penusukan Seorang Pemotor di Sleman Hingga Tewas

Polresta Sleman, DI Yogyakarta menangkap dua orang pelaku penganiayaan yang sebabkan korban HS (42) tewas. Kedua tersangka tersebut adalah KT (37) dan WD (37).
Memilukan, Nasib Erma Buruh PT SAI Apparel Industries di Unjung Tanduk

Memilukan, Nasib Erma Buruh PT SAI Apparel Industries di Unjung Tanduk

Memilukan nasib Erma Oktavia (30) yang merupakan buruh wanita PT Sai Apparel Industries (SAI) Grobogan, Jawa Tengah, kini diujung tanduk. Sebelumnya, video aksi
Polisi Temukan Koleksi Puluhan Video Porno Wanita Cabuli 17 Anak di Jambi

Polisi Temukan Koleksi Puluhan Video Porno Wanita Cabuli 17 Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Kota Jambi.
Viral! Lagu Rasa Sayange dibawakan Grup K-Pop STAYC Saat Konsernya di Malaysia. Netizen Indo Geram Tesulut Emosi!

Viral! Lagu Rasa Sayange dibawakan Grup K-Pop STAYC Saat Konsernya di Malaysia. Netizen Indo Geram Tesulut Emosi!

Viral tagar Rasa Sayange di twitter. Lagu daerah asal Maluku ini bawakan oleh grup K-Pop STAYC pada konsernya di Malaysia. Netizen Indonesia pun tersulut emosi.
Miris! 10 Anak Korban Pencabulan Ibu Muda Jambi Alami Trauma Berat, Mereka Memilih Sekolah Online dan Enggan Bertemu Orang

Miris! 10 Anak Korban Pencabulan Ibu Muda Jambi Alami Trauma Berat, Mereka Memilih Sekolah Online dan Enggan Bertemu Orang

Kondisi mental 10 anak korban pencabulan ibu muda Jambi mengalami trauma berat. Kini mereka memilih sekolah online karena masih enggan bertemu banyak orang.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
06:30 - 08:00
Apa Kabar Indonesia Pagi
Selengkapnya