LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Bawa 53 Awak, KRI Nanggala Hilang Kontak di Perairan Bali

Kamis, 22 April 2021

Jakarta – KRI Nanggala-402 yang membawa 53 awak hilang kontak saat latihan di Perairan Bali, pada Rabu (21 April 2021). Awal mula  hilang kontaknya KRI Nanggala-402 pada pukul 03.46 waktu setempat, dimana kapal selam ini melaksanakan penyelaman.

Kemudian pada 04.00 melaksanakan penggenangan peluncur torpedo. Peluncuran torpedo nomor 8 merupakan komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala pada pukul 04.25. "Saat komandan gugus tugas latihan akan memberikan otorisasi penembakan torpedo, di situlah komunikasi dengan KRI Nanggala terputus," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad menjelaskan  Achmad Riad saat jumpa pers di Bali, Kamis (22 April) dalam rekaman video yang diterima dari Puspen TNI.

Menurut dia, terjadinya lost contact di 60 mil Utara perairan Bali. Berbagai upaya, kata Riad, sudah dilakukan oleh TNI Angkatan Laut dengan mengerahkan segenap kekuatan untuk melakukan pencarian KRI Nanggala-402. "Pihak TNI AL sudah mengerahkan berbagai KRI untuk membantu pencarian dan untuk memastikan keadaan yang sebenarnya dari KRI Nanggala," kata Jenderal bintang dua ini.
 
KRI Nanggala-402 menjadi salah satu pelaku pada latihan penembakan rudal di Laut Bali, yang direncanakan dilaksanakan pada Kamis (22/4), yang juga disaksikan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudho Margono. KRI Nanggala-402 memiliki "saudara kembar", yaitu KRI Cakra-401.
 
Secara teknis, KRI Nanggala-402 berasal dari Type 209/1300 yang dibuat galangan kapal Howaldtswerke di Kiel, Jerman Barat, yang dipesan Indonesia pada 1977, dan memasuki dinas aktif pada 1981. Sistem propulsi KRI Nanggala-402 berintikan motor diesel-elektrik Siemens low-speed yang tenaga kerjanya langsung disalurkan ke baling-baling di buritan.
 
Kekuatan daya dorongnya adalah 5.000 shp (shaft horse power), sedangkan baterai-baterai listriknya dengan bobot sekitar 25 persen bobot bruto kapal menyimpan daya listrik. Adalah empat mesin diesel MTU diesel supercharged yang bertanggung jawab dalam penyediaan daya listrik kapal.

Sementara itu, Panglima TNI meminta bantuan dari Singapura dan Australia untuk mencari kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali. "Iya, 'kan selama ini punya kerja sama, ya, pencarian dan sebagainya terkait dengan kecelakaan latihan dengan Singapura maupun Australia, sudah dilaksanakan dan dikomunikasikan," kata Panglima TNI. (ari/ant)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:47

Chico Ungkap Bahwa PDIP Tidak Akan Terburu-buru Menentukan Koalisi atau Oposisi

PDIP menyebut hingga kini partainya belum menentukan sikap politik usai penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024.
img_title
03:15

Sikap Partai PKB Atas Hasil Keputusan Sidang MK

PKB menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 
img_title
04:26

Prabowo: Kalo Kontestasi Tidak Keras, Namanya Bukan Pilihan Untuk Rakyat

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah selesai.
img_title
10:46

PKS Bertandang ke Markas NasDem "Lanjutkan Kolaborasi Membangun Negeri"

Tampak Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekretaris Jenderal DPP PKS Aboe Bakar Al-Habsyi, dan jajaran PKS lainnya tampak tiba di Kantor DPP Partai NasDem pukul 15.00 WIB. 
img_title
02:04

Alasan Mahfud MD Tidak Ikut Hadiri Penetapan Presiden & Wapres di KPU

Adapun alasan dari calon wakil presiden 03 Mahfud MD yang memberikan alasan dirinya tak hadir dalam gelaran acara penetapan pemenang Pilpres di Gedung KPU.
img_title
02:50

Ganjar Mengaku Tak Diundang KPU di Acara Penetapan Presiden & Wapres Terpilih

Paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo tidak menghadiri acara penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang digelar hari ini.
img_title
05:05

Cak Imin Sambut Hangat Kedatangan Prabowo di Markas PKB

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyambut kedatangan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
img_title
02:52

Gibran Blusukan Menyapa Warga di Rusun Muara Baru

Usai ditetapkan sebagai Wakil Presiden terpilih oleh KPU pada Rabu (24/4/2024), Gibran Rakabuming Raka langsung blusukan ke rusunawa Muara Baru Jakarta Utara.
img_title
01:30

Alasan Prabowo Lontarkan Kata "Senyuman Berat" ke Anies & Muhaimin

Presiden terpilih Prabowo Subianto sempat menyinggung terkait "senyuman berat" yang terpancar dari wajah Anies Baswedan dan Muhaimin (Cak Imin). 
img_title
04:12

PDIP Absen Penyerahan Berita Acara & Salinan KPU ke Pengusung 03

KPU dalam sidang pleno pada Rabu (24/4/2024) pagi tadi telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024.
img_title
01:52

Momen Anies-Muhaimin Jabat Tangan Prabowo-Gibran

Presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berjabatan tangan dengan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar usai menerima salinan surat Keputusan KPU.
img_title
08:17

SAH! KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden & Wapres Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih 2024.  
img_title
19:35

Anies Muhaimin Tiba di KPU, Analis Politik: Menyejukkan Demokrasi

Ahmad Khoirul Umam selaku Analis Politik atau Direktur Eksekutif Indostrategic menilai bahwa kehadiran pasangan calon Anies Baswedan dan Cak Imin ke Gedung KPU hari ini sangat menyejukkan demokrasi. 
img_title
04:19

Hormati Proses Bernegara Anies-Muhaimin Tiba di KPU

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri acara penetapan pemenang Pilpres 2024 di KPU pada Rabu (24/4/2024).  
img_title
07:58

Prabowo & Gibran Tiba di Gedung KPU RI

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). 
img_title
09:55

PDIP Minta Penetapan Presiden Terpilih Ditunda, Analis Politik: Belum Legowo

Ahmad Khoirul Umam selaku Analis Politik atau Direktur Eksekutif Indostrategic memberikan tanggapan bahwa pihak PDIP belum legowo terkait penetapan pemenangan Prabowo-Gibran.
img_title
07:14

Suasana Terkini di Gedung KPU RI Jelang Penetapan Presiden & Wapres Terpilih

KPU RI menggelar penetapan pemenang Pilpres 2024 bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih, seusai gugatan sengketa Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, hari ini.
img_title
02:34

EKSKLUSIF! Prabowo: Saatnya Semua Elite Bekerja Sama untuk Rakyat

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama kalangan elite agar bersatu demi rakyat.
img_title
03:02

Kemana Arah Politik Anies Usai Sidang Sengketa Pilpres 2024, Koalisi atau Oposisi?

Mustofa Nahrawardaya selaku Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin mengatakan bahwa Anies Baswedan menyatakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu sebagai pertanda selesainya Pemilu 2024. 
Jangan Lewatkan
Hadapi Negara Sendiri, Media Korea Selatan Heran Shin Tae-yong Masih Bisa Tertawa di Latihan Terakhir Timnas Indonesia U-23

Hadapi Negara Sendiri, Media Korea Selatan Heran Shin Tae-yong Masih Bisa Tertawa di Latihan Terakhir Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong menjadi sorotan publik tak hanya di Indonesia tapi juga Korea Selatan karena akan menghadapi tim asal negaranya sendiri.
Pengamat Sebut Kehadiran Anies-Muhaimin di KPU saat Penetapan Pemenang Pilpres 2024 Tunjukkan Sikap Gentleman dan Kedewasaan Politik

Pengamat Sebut Kehadiran Anies-Muhaimin di KPU saat Penetapan Pemenang Pilpres 2024 Tunjukkan Sikap Gentleman dan Kedewasaan Politik

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia menyebut kehadiran Anies Baswedan-Cak Imin di KPU menunjukkan kedewasaan politik.
Sebelum Ketemu Day6 di SHI 2024, Hafalkan Dulu Lirik Lagu You Were Beautiful

Sebelum Ketemu Day6 di SHI 2024, Hafalkan Dulu Lirik Lagu You Were Beautiful

Termasuk Day6, di konser ini para musisi kenamaan Korea Selatan ini akan membawakan lagu hits mereka. 
Demokrat Serahkan Keputusan soal Koalisi kepada Prabowo, AHY: Bukan Besar-besaran Koalisi tapi Solid dan Kompak

Demokrat Serahkan Keputusan soal Koalisi kepada Prabowo, AHY: Bukan Besar-besaran Koalisi tapi Solid dan Kompak

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyerahkan segala keputusan soal Koalisi Indonesia Maju kepada capres terpilih RI Prabowo Subianto.
Kabar Buruk! Sejumlah Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Sedang-Lebat, Mana Saja?

Kabar Buruk! Sejumlah Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Sedang-Lebat, Mana Saja?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia
Daftar Langka Jajaran Pelatih Kelas Dunia yang Pernah Kalahkan Negaranya Sendiri, Shin Tae-yong? Bisa, Tapi ...

Daftar Langka Jajaran Pelatih Kelas Dunia yang Pernah Kalahkan Negaranya Sendiri, Shin Tae-yong? Bisa, Tapi ...

Shin Tae-yong memastikan akan tetap profesional dalam memimpin tim dalam pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, (26/4/2024). 
Bongkar Sifat Asli Para Ajudan Prabowo, Nikita Mirzani: Aduh, Apalagi yang Suka Live TikTok

Bongkar Sifat Asli Para Ajudan Prabowo, Nikita Mirzani: Aduh, Apalagi yang Suka Live TikTok

Baru-baru ini beredar video Nikita Mirzani yang tengah membongkar sifat para ajudan Prabowo. Video tersebut viral dan diunggah oleh beberapa akun gosip.
Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 41-45 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 41-45 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an surat Ibrahim Ayat 41-45  lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya.
Indo Tambangraya (ITMG) Cairkan Dividen Jumbo Rp1,97 Triliun Hari Ini, Sosok Ratu Batu Bara Asia Menang Banyak

Indo Tambangraya (ITMG) Cairkan Dividen Jumbo Rp1,97 Triliun Hari Ini, Sosok Ratu Batu Bara Asia Menang Banyak

Emiten tambang batu bara ITMG dijadwalkan membagikan dividen tunai pada Kamis (25/4/2024). Salah satu yang kecipratan untung besar adalah Ratu Batu Bara Asia.
Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 6-10 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 6-10 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an surat Ibrahim Ayat 6-10 lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya. 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
Coffee Break
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Ngopi (Ngobrol Perihal Iman)
Selengkapnya