Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Menkumham Tandatangani Perjanjian Ekstradisi Indonesia dan Singapura

Rabu, 26 Januari 2022
Oleh :

Jakarta - Mencegah praktik korupsi lintas batas negara, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menandatangani perjanjian ekstradisi antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Singapura.

Perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura memiliki masa retroaktif (berlaku surut terhitung tanggal diundangkan) selama 18 tahun ke belakang. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan maksimal kadaluarsa sebagaimana diatur dalam Pasal 78 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia.

Jenis-jenis tindak pidana yang pelakunya dapat diekstradisi menurut perjanjian ekstradisi tersebut di antaranya tindak pidana korupsi, pencucian uang, suap, perbankan, narkotika, terorisme dan pendanaan kegiatan yang terkait dengan terorisme.

Perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura akhirnya ditandatangani setelah mulai diupayakan pemerintah Indonesia sejak 1998. Sebagai tambahan informasi, berikut lini masa perjanjian ekstradisi antara kedua negara.

Upaya pembentukan perjanjian ekstradisi Indonesia dan Singapura telah mulai diupayakan oleh Indonesia sejak 1998 dalam setiap kesempatan, baik dalam pertemuan bilateral maupun regional dengan pemerintah Singapura.

Pada 16 Desember 2002, di Istana Bogor, Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong melakukan pertemuan bilateral guna membahas hal terkait pengembangan kerja sama kedua negara di segala bidang.

Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah tercapainya kesepakatan bahwa Indonesia dan Singapura akan menyusun rencana aksi pembentukan perjanjian ekstradisi Indonesia dan Singapura.

Pada 27 April 2007, bertempat di Istana Tampaksiring, Bali, Menteri Luar Negeri Indonesia Hassan Wirajuda dan Menteri Luar Negeri Singapura George Yeo menandatangani perjanjian ekstradisi Indonesia dan Singapura yang disaksikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Perjanjian ekstradisi Indonesia dan Singapura yang ditandatangani pada 2007 tersebut tidak dapat diberlakukan oleh kedua negara karena pemerintah Indonesia dan Singapura belum meratifikasi perjanjian tersebut.

Selanjutnya, pada 8 Oktober 2019 digelar Leaders' Retreat Indonesia dan Singapura guna membahas kembali tentang persetujuan penyesuaian batas wilayah informasi penerbangan Indonesia dan Singapura (Realignment Flight Information Region/FIR) dan perjanjian kerja sama keamanan.

Leaders' Retreat adalah pertemuan tahunan antara Presiden Indonesia dengan Perdana Menteri Singapura guna membahas kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara.

Menindaklanjuti hasil Leaders' Retreat 2019, Menkumham RI kemudian mengusulkan agar perjanjian ekstradisi yang sejak awal diparalelkan dengan perjanjian kerja sama keamanan kembali dibahas.

Setelah melakukan korespondensi, konsultasi dan perundingan pada 22 Oktober 2021, pemerintah Singapura menerima usulan Indonesia. Akhirnya, perjanjian ekstradisi Indonesia dan Singapura ditandatangani di Bintan, Kepulauan Riau pada 25 Januari 2022.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
05:03

Viral, Dibawah Pengaruh Alkohol, Tiga Pemuda Keroyok Sepasang Kekasih

Tiga pelaku pengeroyokan sepasang kekasih ditangkap polisi. Pelaku terkena ancaman hukuman dengan pasal 170 ayat 1 dan lima tahun penjara.
img_title
05:37

Gajah Hamil Ditemukan Mati di Bengkalis, Keluar Darah dari Belalai dan Mulut

Seekor gajah liar ditemukan mati di area lahan konsesi PT Riau Abadi Lestari Kabupaten Bengkalis karena memakan buah yang mengandung racun.
img_title
04:54

Panitia Persiapkan dengan Matang Jelang Keberangkatan Calon Jemaah Haji

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH embarkasi Surabaya telah melakukan berbagai persiapan untuk keberangkatan jemaah calon haji tahun ini.
img_title
02:15

Ratusan CPNS yang Mundur Dikenakan Sanksi

BKN mencatat jumlah CPNS yang mengundurkan diri mencapai 105 orang. CPNS dan akan mendapatkan sanksi karena telah menimbulkan kerugian negara.
img_title
00:47

Sejumlah Tokoh Hadiri Pemakaman Buya Syafii di Kulonprogo

Presiden Joko Widodo dan sejumlah tokoh lainnya hadir ke Masjid Gede Kauman, Yogyakarta untuk melayat Buya Syafii Maarif.
img_title
10:07

Ini Dia! Tips Terhindar Dari Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang menimbulkan peradangan pada bagian tubuh. Berikut penjelasan lengkap serta gejala dan cara agar terhindar dari penyakit lupus.
img_title
01:46

Bocah di Luwu Timur Hilang Terseret Arus Sungai Ditemukan Tewas

Setelah melakukan pencarian selama 2 hari, tim SAR gabungan bersama warga akhirnya menemukan bocah berusia tujuh tahun yang hanyut di Sungai Malili, Sumatera Selatan.
img_title
02:51

Anak Ridwan Kamil Hilang di Sungai Aare Swiss

Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss.
img_title
01:00

Seorang Warga di Denpasar Tewas Terseret Arus, Korban Ditemukan 500 Meter Dari Lokasi

Seorang warga di Denpasar Bali tewas setelah hanyut terbawa arus saat akan membuka pintu air untuk mencegah banjir.
img_title
15:26

[BREAKING NEWS] Buya Syafii Maarif Berpulang

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif tutup usia
img_title
11:32

Fenomena Pernikahan Dini, Kenapa Terus Terjadi?

Kabupaten Wajo menempati urutan pertama dalam kasus pernikahan anak usia dini di Sulawesi Selatan.
img_title
01:40

Menteri Investasi Indonesia dan Inggris Bertemu di Swiss, Bahas Apa?

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia ini bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone
img_title
01:42

'Unboxing' Mobil Formula E | Kabar Pagi tvOne

Chairman Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Syahroni melakukan unboxing replika mobil balap Formula E
img_title
01:16

Lari Ke Atap Rumah Warga, Maling Motor di Lumajang Babak Belur Dihakimi Warga

Di dalam tayangan video amatir warga ini terlihat pelaku pencurian motor berusaha kabur dari kejaran massa dengan cara menaiki atap genteng rumah warga.
img_title
03:14

Walau Sudah Dikecam, Penembakan di Massal di AS Terus Terjadi, Apa Penyebabnya?

Penembakan massal tersebut pun sekali lagi memicu perdebatan tentang akses dan juga kepemilikan senjata api di Amerika Serikat.
img_title
02:24

Polisi Tangkap WNA Pembobol Rekening

Ditkrimsus Polda Kepri menangkap warga negara asing (WNA) yang merupakan pelaku kasus skimming atau pembobolan data nasabah Bank Riau Kepri.
img_title
01:54

Kapal Kargo Kandas Diterjang Angin dan Ombak, Sejumlah Kontainer Tenggelam

Kapal kargo bermuatan hampir 200 kontainer kandas usai dihantam gelombang di perairan Selat Malaka, Kepulauan Riau.
img_title
02:00

Polisi Berhasil Amankan Terduga Pelaku Pembunuhan Santri di Tapanuli

Ketujuh pelaku penganiayaan yang merupakan santri Pondok Pesantren Baiturrahman diamankan Sat Reskrim Polres Tapanuli Selatan, Sumatera Utara untuk diselidiki.
img_title
06:40

Tabrakan Maut Pajero Ugal-ugalan, Keluarga Korban Menuntut Tanggung Jawab

Kecelakaan maut di bilangan Pancoran yang disebabkan oleh Pajero ugal-ugalan mengakibatkan pasangan muda suami istri kehilangan nyawa.
img_title
50:53

[FULL] Jokowi: "Ojo Kesusu" Sinyal Untuk Ganjar?! | Dua Sisi

"Ojo kesusu", begitu kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dihadapan relawan pendukungnya dalam acara Rakernas V Pro Jokowi (Projo) di Magelang
Jangan Lewatkan
Rezky Aditya Siap Bertanggung Jawab Jika Terbukti Sebagai Ayah Biologis Anak Wenny Ariani

Rezky Aditya Siap Bertanggung Jawab Jika Terbukti Sebagai Ayah Biologis Anak Wenny Ariani

Rezky Aditya mengungkapkan, dia bersedia melakukan tes DNA dengan Neira. Rezky berdalih tes tersebut atas dasar kemanusiaan dan keraguannya terhadap putusan hukum.
Manfaat Dahsyat Leunca untuk Kesehatan, Asam urat, Encok, Rematik, Kanker Bisa Sembuh

Manfaat Dahsyat Leunca untuk Kesehatan, Asam urat, Encok, Rematik, Kanker Bisa Sembuh

Biasanya leunca disajikan dengan cara ditumis, atau dimakan mentah lalu dicolekan ke sambal dadak.
Conte Bertahan di Tottenham Setelah Mendapatkan Dana Belanja Besar

Conte Bertahan di Tottenham Setelah Mendapatkan Dana Belanja Besar

Antonio Conte memutuskan bertahan di Tottenham Hotspur setelah mendapatkan dana belanja besar untuk bergerak di bursa transfer musim panas ini, menurut laporan Daily Mail pada Jumat (27/5).
Cristiano Ronaldo Diperkirakan Akan Menjadi Kapten Manchester United di Era Erik ten Hag

Cristiano Ronaldo Diperkirakan Akan Menjadi Kapten Manchester United di Era Erik ten Hag

Cristiano Ronaldo disebut akan menjadi kapten Manchester United (MU) musim depan menggantikan Harry Maguire, menurut laporan The Mirror pada Jumat (27/5) waktu setempat.
Sabtu Hingga Minggu Dini Hari, Jakarta Didominasi Berawan

Sabtu Hingga Minggu Dini Hari, Jakarta Didominasi Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (28/5), didominasi cerah berawan.
Spiderman Indonesia Kembali Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Spiderman Indonesia Kembali Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Kiromal Katibin, atlet panjat tebing Indonesia kembali pecahkan rekor baru usai catatkan waktu 5,10 detik di sesi kualifikasi kejuaraan dunia panjat tebing,
Soekarno Ceraikan Oetari Demi Nikahi Inggit Garnasih yang Sudah Bersuami, Berawal dari Sering Curhat

Soekarno Ceraikan Oetari Demi Nikahi Inggit Garnasih yang Sudah Bersuami, Berawal dari Sering Curhat

Kisah asmara Presiden RI ke-1 Soekarno dengan Inggit Garnasih menjadi salah satu kisah menarik dari petulangan cinta pria berjuluk proklmator kemerdekaan itu.
Emmeril Anak Ridwan Kamil Hilang, Paman Eril Sangat Terpukul, Bilang Kini hanya Berharap pada Allah

Emmeril Anak Ridwan Kamil Hilang, Paman Eril Sangat Terpukul, Bilang Kini hanya Berharap pada Allah

Dalam keterangannya, Elpi menyebutkan bahwa pihak keluarga menerima kabar Emmeril anak Ridwan Kamil hilang pada pukul 17.00 WIB.
Teman Emmeril Anak Ridwan Kamil Sudah Sempat Menolong, tapi Arus Sungai Begitu Deras, Eril Terseret

Teman Emmeril Anak Ridwan Kamil Sudah Sempat Menolong, tapi Arus Sungai Begitu Deras, Eril Terseret

Anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz hilang saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).
Aleix Espargaro Tercepat di FP2 GP Itali Ungguli lima Pembalap Ducati

Aleix Espargaro Tercepat di FP2 GP Itali Ungguli lima Pembalap Ducati

Aleix Espargaro mengalahkan lima pebalap Ducati dan Quartararo demi menjadi yang tercepat pada hari pertama sesi latihan Grand Prix Italia di Sirkuit Mugello.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Coffee Break
09:00 - 11:00
Best World Boxing
11:00 - 11:30
#DiIndonesiaAja
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesiaku
14:00 - 15:00
Big Fight Boxing
Selengkapnya