Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Ilustrasi - demensia Alzheimer
Sumber :
  • (Pixabay)

Deteksi Dini Demensia Alzheimer Pertahankan Daya Ingat

Jumat, 24 September 2021 - 20:55 WIB

Jakarta - Deteksi dini orang dengan demensia Alzheimer bisa membantu memperlambat berkembangnya penyakit yang pada akhirnya bisa mempertahankan daya ingat tersebut, kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Mental, Kesehatan Jiwa, dan Napza (P2MKJN) Kementerian Kesehatan, Dr. Celestinus Eigya Munthe, Sp.KJ, M.Kes.

Di sisi lain, perlambatan perkembangan atau progresivitas penyakit juga dapat membantu mempertahankan kualitas hidup orang dengan demensia.

"Semakin cepat menemukan orang dengan gejala demensia ini, kita berharap akan banyak orang yang kita pertahankan daya ingatnya dan meningkatkan kualitas hidup orang dengan demensia," ujar dia dalam webinar bertajuk "Kenali Demensia Alzheimer, Pentingnya Deteksi Dini" sebagai acara puncak dari peringatan bulan Alzheimer sedunia, Jumat.

Demensia Alzheimer atau lebih dikenal dengan Alzheimer, seperti dikutip dari laman Alzheimer Indonesia (ALZI) merupakan salah satu bagian dari demensia yang paling banyak ditemui. Orang dengan masalah ini mengalami penurunan fungsi otak termasuk fungsi kognitif yang meliputi kemampuan daya ingat, berbahasa, fungsi visuospatial dan fungsi eksekutif menurun.

Setidaknya terdapat 10 tanda demensia Alzheimer yang bisa menjadi acuan seseorang melakukan deteksi dini pada dokter spesialis saraf yakni: gangguan daya ingat, sulit fokus, sulit melakukan kegiatan sehari-hari, disorientasi, kesulitan memahami visuospasial.

Tanda lainnya yakni gangguan komunikasi, menaruh barang tidak pada tempatnya, salah membuat keputusan, menarik diri dari pergaulan serta perubahan perilaku dan kepribadian.

"Kita menganggap orang yang pelupa sebagai hal yang biasa dan dijadikan bahan guyonan, padahal lupa salah satu gejala demensia Alzheimer. Selain itu, perlu diperhatikan juga mau melakukan sesuatu sulit berkonsentrasi kita sering dijadikan bahan gurauan padahal ini tanda-tanda dini demensia Alzheimer," kata Munthe.

Kementerian Kesehatan memberi perhatian pada masalah demensia Alzheimer salah satunya dengan meluncurkan aplikasi Sehat Jiwa yang antara lain memuat pemeriksaan untuk demensia. Munthe juga mengatakan bahwa pemeriksaan ini bertujuan untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan jiwa seseorang termasuk masalah daya ingat yang berhubungan dengan perubahan perilaku yakni sebuah hal yang biasa ditemukan pada pasien demensia Alzheimer.
 

Pengalaman orang dengan demensia

Pentingnya deteksi dini demensia Alzheimer dirasakan salah satunya oleh William Buntoro (72). Pria yang kini masih bekerja di bidang koperasi perusahaan itu terdiagnosis demensia Alzheimer tahap sedang atau mild stage pada tahun 2018.

Gejala awal yang dia rasakan yakni lupa, mulai dari tak ingat lokasi menyimpan barang-barangnya, hari hingga tak ingat arah jalan pulang ke rumah.

“Suatu saat di rumah anak di Riau, iseng setelah magrib jalan. Rumah itu berdekatan dengan pertokoan. Asiknya berjalan saya lupa pulang ke arah mana padahal jalan itu lurus. Untung saya bawa handphone, minta dijemput,” kata dia.

Setelah mengalami masalah ini, dia lalu berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf dan menjalani pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI). Hasilnya pemeriksaan, dokter mencurigai ada pengecilan di otak William.

Berbekal hasil pemeriksaan MRI, William kemudian diminta berkonsultasi dengan dokter spesialis fungsi luhur di salah satu rumah sakit kawasan Jakarta. Di sana dia menjalani semacam psikotes selama kurang lebih 3 jam, sebelum akhirnya Kembali berkonsultasi ke dokter saraf yang menanganinya. Hasilnya, dokter mengatakan adanya pengecilan di otak William.

Ketika William menanyakan penyebab, dia mendapati kemungkinan akibat stres pekerjaan yang selama ini dialami.

William kini masih rutin melakukan konsultasi dengan dokter sembari meminum obat yang diresepkan padanya.

Menurut Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia (ALZI), Michael Dirk R. Maitimoe, saat seseorang dengan gejala-gejala termasuk lupa yang sudah mengganggu kegiatan sehari-hari atau memerlukan bantuan orang lain, maka ini pertanda dia perlu segera melakukan deteksi dini.

Dari sisi usia, Michael mencatat, demensia yang awalnya banyak dialami orang berusia 65 tahun ke atas, saat ini ditemukan pada usia lebih muda yakni 50 tahun-an. Menurut dia, temuan ini bisa menjadi perhatian orang-orang bahwa demensia bisa dialami bukan hanya kalangan lanjut usia.

Di sisi lain, Covid-19 yang menjadi pandemi sejak setahun terakhir meningkatkan kemungkinan seseorang terkena demensia dan menyebabkan gejala demensia muncul lebih awal.

Pakar neurologi sekaligus direktur Banner Sun Health Research Institute di Amerika Serikat, Dr. Alireza Atri seperti dilansir dari CNBC menjelaskan, Covid-19 dapat merusak pembuluh mikro di otak, merusak kekebalan tubuh, dan menyebabkan peradangan. Kondisi ini dapat memberikan akses lebih mudah pada hal-hal yang dapat membahayakan otak dan menyebabkan gejala gangguan neurologis seperti demensia, muncul lebih awal.

Sementara itu, menurut Kepala Eksekutif Alzheimer's Disease International (ADI), Paola Barbarino, pemahaman yang lebih jauh mengenai hubungan antara Covid-19 dan demensia dapat membantu pihak berwenang untuk mengelola peningkatan prevalensi demensia, dan mengidentifikasi gejala sedini mungkin.

Dia mengatakan, mengetahui gejala demensia memungkinkan orang untuk mencari lebih banyak informasi, saran dan dukungan, yang berpotensi mengarah pada diagnosis.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Ronaldo Ulangi Momen Ketika Bawa MU Juara Liga Champions

Ronaldo Ulangi Momen Ketika Bawa MU Juara Liga Champions

Kemenangan atas Atalanta sendiri kini membawa MU naik ke puncak klasemen sementara Grup F.
Longsor di Banjarnegara, Balita Tiga Tahun Tertimbun Tanah

Longsor di Banjarnegara, Balita Tiga Tahun Tertimbun Tanah

Kejadian tersebut terjadi saat kedua korban tengah tertidur lelap di kamar ketika hujan deras mengguyur kawasan Desa Mlaya.
Pembunuhan Ibu-Anak Subang Masih Misteri, Yosef Dicecar sampai Tengah Malam

Pembunuhan Ibu-Anak Subang Masih Misteri, Yosef Dicecar sampai Tengah Malam

"Kita berharap penyidik segera menemukan pelakunya, ditetapkan, supaya jelas. Tidak ada tudingan dan fitnah lagi," kata kuasa hukum.
Terbukti Bersalah, Polisi yang Smackdown Mahasiswa Dijatuhi Sanksi Terberat

Terbukti Bersalah, Polisi yang Smackdown Mahasiswa Dijatuhi Sanksi Terberat

Brigadir NP diberi sanksi terberat secara berlapis salah satu di antaranya adalah penahanan.
Saksi JPU Tuntas Beri Keterangan, Kuasa Hukum Sebut Dakwaan ke Nurdin Abdullah Lemah

Saksi JPU Tuntas Beri Keterangan, Kuasa Hukum Sebut Dakwaan ke Nurdin Abdullah Lemah

Penasehat Hukum Nurdin Abdullah mengklaim hingga saat ini belum ada bukti kuat yang menyebut keterlibatan NA dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi lingkup Pemprov Sulsel.
Maroko Wajibkan Menunjukkan Surat Keterangan Vaksin Covid-19 Untuk Masuk Area Publik

Maroko Wajibkan Menunjukkan Surat Keterangan Vaksin Covid-19 Untuk Masuk Area Publik

Pemerintah Maroko pada Kamis (21/10) mulai menerapkan kebijakan wajib menunjukkan surat keterangan vaksin Covid-19 bagi siapa saja yang ingin berpergian maupun memasuki area publik.
Trending
Pengakuan Jojo Soal Performanya di Denmark Open

Pengakuan Jojo Soal Performanya di Denmark Open

Jonatan Christie mengungkapkan soal pengaruh kemenangan di Piala Thomas.
Pemprov DKI Telah Bersurat ke KBRI Ankara Soal Nama Jalan Ataturk

Pemprov DKI Telah Bersurat ke KBRI Ankara Soal Nama Jalan Ataturk

Pemprov DKI telah bersurat ke KBRI untuk Ankara (Turki) terkait rencana penamaan salah satu jalan di Jakarta dengan nama Jalan Ataturk yang diambil dari nama Mustafa Kemal Pasha.
Ditjen Gakkum KLHK Tangkap Dua Orang Pengepul Sisik Trenggiling di Sekadau

Ditjen Gakkum KLHK Tangkap Dua Orang Pengepul Sisik Trenggiling di Sekadau

Tim Gakkum KLHK Wilayah Kalimantan menangkap pengepul sisik trenggiling SK (38) dan BW (33), di di Jalan Raya Sekadau-Nanga Mahap, Desa Nanga Taman, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalbar.
Mengenaskan! Tim Besutan Jose Mourinho Dibantai Bodo/Glimt 6-1

Mengenaskan! Tim Besutan Jose Mourinho Dibantai Bodo/Glimt 6-1

AS Roma hancur lebur di markas Bodo/Glimt dan menelan kekalahan telak 1-6 dalam laga lanjutan Grup C Liga Conference di Stadion Aspmyra, Norwegia.
Video Oknum Dishub Gowa Peras Sopir Pick Up Rp250 Ribu Viral di Medsos

Video Oknum Dishub Gowa Peras Sopir Pick Up Rp250 Ribu Viral di Medsos

Beredar sebuah video seorang petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang melakukan pungutan liar kepada seorang sopir pengangkut barang, viral diberbagai media sosial pada Kamis (21/10)
Polri Resmi Terapkan Pasal TPPU Pada Bandar Narkoba Timbulkan Efek Jera

Polri Resmi Terapkan Pasal TPPU Pada Bandar Narkoba Timbulkan Efek Jera

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Krisno H Siregar mengatakan kepolisian dalam pengungkapan tindak pidana narkoba akan menerapkan pasal TPPU kepada bandar narkoba guna memberikan efek jera.
Rachel Vennya Dicecar 35 Pertanyaan Oleh Penyidik Kepolisian

Rachel Vennya Dicecar 35 Pertanyaan Oleh Penyidik Kepolisian

Selebgram Rachel Vennya dicecar 35 pertanyaan oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait tindakannya kabur dari proses isolasi di RSD Covid-19 Wisma Atlet Pademangan usai berlibur dari luar negeri.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
AB Shop
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
13:00 - 13:30
Spektakuler
Selengkapnya