GULIR UNTUK LIHAT KONTEN
News Bola Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Tanpa Obat Kimia, Cukup Konsumsi Buah-buahan Ini Bikin Kolesterol Turun Drastis

Kolesterol adalah lemak, zat lilin dalam darah anda. Beberapa kolesterol berasal dari makanan yang anda makan, tubuh anda membuat sisanya. Kebiasaan makan buruk
Senin, 6 November 2023 - 11:18 WIB
Tanpa obat kimia, cukup konsumsi buah-buahan ini bikin kolesterol turun drastis.
Sumber :
  • Freepik

tvOnenews.com - Kolesterol adalah lemak, zat lilin dalam darah anda. Beberapa kolesterol berasal dari makanan yang anda makan, tubuh anda membuat sisanya. Kebiasaan makan yang buruk dapat menjadi pemicunya.

Kolesterol memiliki beberapa tujuan yang bermanfaat. Tubuh Anda membutuhkannya untuk membuat hormon dan sel-sel sehat. Namun memiliki terlalu banyak jenis kolesterol yang salah dapat menyebabkan masalah kesehatan.

ADVERTISEMENT

GULIR UNTUK LANJUT BACA

Kolesterol tinggi adalah penyakit umum di negara - negara Barat, karena prevalensi kebiasaan makan yang buruk yang terus meningkat. Kondisi ini jarang menyebabkan kerusakan pada tahap awal, tetapi dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti diabetes, disfungsi ereksi, penyakit pembuluh darah perifer, stroke dan penyakit jantung koroner.


Ilustrasi kolesterol. (iStockPhoto)

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat membuat membahayakan kesehatan, dengan mengubah pola makan dan memilih jenis makanan. Kadar kolesterol pun bisa turun secara alami.

Bagi anda yang sering mengalami kolesterol tinggi dapat mengonsumsi buah untuk menurunkan kadar kolesterol, Simak berikut ini deretan buah penurun kolesterol tinggi yang dilansir dari Hidup Sehat tvOne.

- Alpukat


Ilustrasi buah-buahan. (Freepik)

Siapa yang tidak suka buah alpukat, selain enak menjadi jus buah. Buah berwarna kuning kehijauan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. 

Sebuah penelitian dari Journal Clinical of Lipidology membuktikan bahwa orang mengonsumsi satu atau setengah buah alpukat setiap harinya, dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. 

Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

- Tomat

Selain buah Alpukat, Buah Tomat juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Salah satunya, para Ahli di Australia menganalisis 14 penelitian internasional tentang manfaat likopen dalam tomat.

Peneliti menyimpulkan senyawa tersebut dapat memberikan kandungan alami terhadap dampak peningkatan kolesterol jahat. 

Bahkan, disebutkan bahwa tomat yang dimasak setara dengan dosis kecil statin yang digunakan untuk mengobati pasien dengan kolesterol tinggi.

ADVERTISEMENT

GULIR UNTUK LANJUT BACA

- Apel

Buah penurun Kolesterol tinggi selanjutnya adalah Apel, siapa yang nggak suka buah yang satu ini, warna merah kehijauan yang mudah ditemui di pasar, toko buah hingga supermarket.

Halaman Selanjutnya :

Berita Terkait

Komentar

Topik Terkait

Saksikan Juga

Jangan Lewatkan

Hampir 10 Tahun Mengajar Tanpa Honor Tetap, Kapolri Berangkatkan Guru Ngaji Umrah Gratis

Hampir 10 Tahun Mengajar Tanpa Honor Tetap, Kapolri Berangkatkan Guru Ngaji Umrah Gratis

Perempuan yang akrab disapa Ummi itu telah mengajar anak-anak mengaji di Desa Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, sejak 2016 tanpa pernah menerima honor tetap.
Jadi Rider Ducati Terbaik di Silverstone, Alex MArquez Ungkap Kunci Performa Impresifnya di MotoGP Inggris 2026

Jadi Rider Ducati Terbaik di Silverstone, Alex MArquez Ungkap Kunci Performa Impresifnya di MotoGP Inggris 2026

Alex Marquez tercatat menjadi rider Ducati dengan hasil terbaik pada MotoGP Inggris 2026 setelah menempati posisi keempat dalam balapan utama.
Akademisi Soroti Konflik Kepentingan Penanganan Perkara Dugaan TPPU Eks Jampidsus

Akademisi Soroti Konflik Kepentingan Penanganan Perkara Dugaan TPPU Eks Jampidsus

Sorotan terus disampaikan publik terkait proses penanganan perkara dugaan TPPU dengan tersangka eks Jampidsus, Febrie Adriansyah.
Hasil Persib Vs Sabah FC: Peralta Cetak Gol Debut, Maung Bandung Menang Telak

Hasil Persib Vs Sabah FC: Peralta Cetak Gol Debut, Maung Bandung Menang Telak

Persib Bandung tampil gemilang dengan mengalahkan Sabah FC 3-0 di Dewata Challenge Series 2026. Peralta, Menalo dan Beckham Putra jadi penentu kemenangan Maung Bandung.
Detik-detik Misa Terhenti Saat Gempa M 7,7 Guncang NTT, Pastor Selamatkan Diri Hingga Plafon Gereja Berjatuhan

Detik-detik Misa Terhenti Saat Gempa M 7,7 Guncang NTT, Pastor Selamatkan Diri Hingga Plafon Gereja Berjatuhan

Misa pagi sempat terhenti hingga plafon gereja jatuh saat terjadinya gempa dahsyat yang meluluhlantakkan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (15/8/2026) pagi
Sarwendah Ungkap Doa untuk Korban Gempa NTT M7,7, Warganet: Terima Kasih Bunda

Sarwendah Ungkap Doa untuk Korban Gempa NTT M7,7, Warganet: Terima Kasih Bunda

Meta deskripsi: Sarwendah ungkap doa untuk korban Gempa NTT M7,7 yang mengguncang Flores. Doa Sarwendah mendapat respons haru dari warganet dan warga setempat.

Trending

4 Zodiak Diprediksi Dapat Hadiah Menarik Akhir Agustus 2026: Bisa Datang dari Orang Terdekat

4 Zodiak Diprediksi Dapat Hadiah Menarik Akhir Agustus 2026: Bisa Datang dari Orang Terdekat

Berikut 4 zodiak yang diprediksi dapat hadiah menarik akhir Agustus 2026: Bisa datang dari orang terdekat.
Polda NTT Turun Tangan Pascagempa M7,7, Lakukan Pendataan dan Pengamanan di Manggarai Timur

Polda NTT Turun Tangan Pascagempa M7,7, Lakukan Pendataan dan Pengamanan di Manggarai Timur

Pascagempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,7 yang mengguncang wilayah NTT, khususnya Kabupaten Manggarai Timur, Sabtu (15/8) dini hari, menuai reaksi maksyarakat
NTT Diguncang Gempa Magnitudo 7, Gempa Terasa Hingga ke Lombok

NTT Diguncang Gempa Magnitudo 7, Gempa Terasa Hingga ke Lombok

Gempa berkekuatan magnitude 7 mengguncang wilayah Nusa tenggara Timur (NTT). Gempa pun terasa hingga Pulau Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB).
Selain Video, Viral Foto-foto Kondisi Mengkhawatirkan Setelah Gempa di NTT

Selain Video, Viral Foto-foto Kondisi Mengkhawatirkan Setelah Gempa di NTT

Media sosial dihebohkan dengan berbagai foto dan video, memperlihatkan kondisi setelah gempa di NTT.
Kapolda NTT Irjen Rudi Darmoko: Keselamatan Masyarakat Prioritas Utama

Kapolda NTT Irjen Rudi Darmoko: Keselamatan Masyarakat Prioritas Utama

Kapolda NTT Irjen Rudi Darmoko tegaskan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama dalam penanganan darurat pascagempa bumi magnitudo 7,7 mengguncang Flores
Mantan Exco PSSI Ungkap Peran Shin Tae-yong di Balik Kekuatan Timnas Indonesia, Thom Haye Sempat Di-hold

Mantan Exco PSSI Ungkap Peran Shin Tae-yong di Balik Kekuatan Timnas Indonesia, Thom Haye Sempat Di-hold

Mantan Exco PSSI Hasani Abdulgani mengungkap besar peran Shin Tae-yong dalam membentuk skuad Timnas Indonesia saat ini, termasuk dalam proses pemilihan pemain.
Siapa Putri Juficha? Miss Earth Indonesia 2025 yang Meninggal Dunia di Hari Ulang Tahun

Siapa Putri Juficha? Miss Earth Indonesia 2025 yang Meninggal Dunia di Hari Ulang Tahun

Putri Juficha, sosok Miss Earth Indonesia 2025 sekaligus Runner Up Miss Grand Indonesia 2025 meninggal dunia tepat di perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-26.
Selengkapnya

Viral

ADVERTISEMENT